hut

Arus Balik di Simpang Ajibarang Mulai Lengang

Editor: Koko Triarko

BANYUMAS – Arus balik yang melintas di simpang Ajibarang, terpantau mulai sepi dan jalanan lengang, Selasa (11/6). Kendaraan yang melintas sekarang didominasi oleh kendaraan lokal Banyumas dan sekitarnya.

Simpang Ajibarang merupakan titik kemacetan yang sangat padat saat arus balik pada akhir pekan kemarin. Arus kendaraan sampai lumpuh, tidak bergerak selama berjam-jam. Penurunan arus balik ini mulai terjadi sejak hari Senin kemarin.

“Volume kendaraan yang melintas sudah menurun signifikan. Arus balik sudah sangat sedikit, arus lalu-lintas justru didominasi warga lokal yang bepergian,” kata Kepala Bidang Bina Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas, R Hermawan, di sela pantauan arus balik, Selasa (11/6/2019).

Kepala Bidang Bina Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas, R Hermawan. -Foto: Hermiana E. Effendi

Lebih lanjut, Hermawan menjelaskan, pada Senin (10/6), kendaraan yang melintas menuju ke arah Jakarta tercatat pada kisaran 34.000 kendaraan. Dan, hari ini diperkirakan menurun, hanya sampai kisaran 30.000an kendaraan.

Penurunan volume kendaraan ini, karena arus balik yang tersisa diperkirakan tinggal 30 persen. Sisa pemudik yang belum balik ke Jakarta ini, kebanyakan anak sekolah dan keluarganya yang bekerja swasta. Masa liburan masih tersisa satu minggu ke depan.

“Sisa pemudik yang 30 persen, diperkirakan akan kembali pada akhir pekan ini, karena masa liburan anak-anak sekolah masih berlangsung,” terangnya.

Meskipun kepadatan kendaraan sudah jauh berkurang, namun petugas tetap masih melakukan penjagaan di titik-titik yang rawan kemacetan.

Sementara itu, disinggung tentang kepadatan arus mudik dan balik pada Lebaran tahun ini, menurut Hermawan, kendaraan yang melintas di wilayah Banyumas mengalami penurunan hingga 10 persen di banding tahun lalu.

Hal tersebut karena sebagian pemudik lebih memilih untuk melalui jalan tol di Pemalang-Batang.

Sementara itu, pada H+5 ini, sejumlah kendaraan berat dan angkutan barang sudah mulai banyak yang melintas di simpang Ajibarang.

Lihat juga...