Bakso Krakatau, Kuliner Lezat dan Instagramable Bagi Remaja Lamsel

Editor: Mahadeva

LAMPUNG – Puasa 1440 H tinggal menunggu hari. Namun, kegiatan buka bersama masih menjadi ajang pertemuan remaja di Lampung Selatan.

Salah satu lokasi berbuka puasa sekaligus menjadi tempat bersantai adalah kedai bakso Krakatau Kholim. Kedai yang terletak di Jalan Lintas Pantai Timur Lampung (Jalinpantim) Desa Bandar Agung, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan (Lamsel) tersebut, menjadi alternatif menikmati kuliner. Nurkholimi, pemilik kedai bakso Krakatau menyebut, di hari biasa Dia buka sejak pagi hingga malam hari. Namun selama Ramadan, kedainya buka sore hingga malam hari saja. Menu yang disiapkan diantaranya bakso, mie ayam, dan minum es teh dan es buah.

Selama puasa, Nurkholimi juga menyediakan menu buka puasa berupa koktail, es teh, es campur. “Selama Ramadan kedai bakso Krakatau menjadi tempat santai anak anak muda sembari menunggu waktu berbuka, selain itu menu bakso yang disediakan sangat disukai karena bentuknya unik,” terang Nurkholimi saat ditemui Cendana News, Minggu (2/6/2019).

Bakso krakatau ukuran jumbo yang dibelah berisi puluhan telur puyuh,daging giling,bakso ukuran kecil dan cabai merah caplak – Foto Henk Widi

Bakso krakatau disajikan dengan bentuk yang unik, karena menyerupai gunung Krakatau di Selat Sunda. Bentuk yang unik tersebut dibuat dengan cara khusus, sehingga kerap disukai oleh pelanggan. Sehari ia menyebut hanya membuat bakso krakatau dengan ukuran jumbo 25 butir. Bakso tersebut kerap habis dipesan pelanggan. Selain dinikmati di kedai, pelanggan juga membeli untuk dinikmati bersama keluarga di rumah.

Di Ramadan, Dia berkreasi dengan membuat bakso krakatau ukuran besar, seukuran bola kaki. Bakso krakatau yang dibuat biasa dipesan untuk buka bersama. Satu porsi bakso ukuran besar, bisa disantap untuk tujuh hingga 10 orang. “Awalnya bakso ukuran besar saya buat dengan konsep seperti tumpeng untuk ulang tahun, namun justru disukai oleh pelanggan,” terang Nurkholimi.

Menggunakan bahan baku daging sapi, tepung, rempah-rempah Dia memilih bahan dengan kualitas tinggi. Proses pembuatan bakso krakatau ukuran besar, membutuhkan waktu beberapa jam. Lamanya waktu pembuatan bakso krakatau ukuran besar membuat ia hanya melayani satu porsi perhari untuk memenuhi pesanan pelanggan.

Meski demikian bagi yang belum bisa menikmati bakso krakatau ukuran besar, masih disediakan bakso ukuran kecil hingga sedang. Bakso krakatau ukuran besar, dibuat berdasarkan pesanan (by order). Bakso krakatau yang dibuat dijual mulai dari harga Rp25 ribu, Rp100 ribu, Rp150 ribu hingga ukuran paling besar seharga Rp500 ribu. Meski dibuat terbatas, namun karena bentuk yang unik, tekstur yang lembut dan campuran yang pas, membuat bakso krakatau buatannya sangat diminati.

Sinta, salah satu warga Kuala Sekampung, Kecamatan Sragi menyebut, menyukai bakso Krakatau. Ia kerap menyantap bakso ukuran kecil dan juga bakso Krakatau bersama kawan-kawannya. “Bakso krakatau bentuknya unik dan instagramable, kerap saya ungggah di Instagram dan Facebook, kawan penasaran dan saya ajak saat buka bersama,” ujar Sinta.

Ayu, remaja lain yang ikut menikmati menu berbuka puasa, menyebut bakso krakatu bentukmnya unik, memiliki rasa khas. Hal itu menjadi keistimewaan bakso krakatau. Ukuran cukup besar dengan bagian dalam berisi daging giling, telur puyuh puluhan butir, bakso ukuran kecil membuat sensasi berbeda dalam menyantap bakso. Selain telur puyuh dan bakso kecil, puluhan cabai caplak utuh menghiasi bakso krakatau jumbo. “Saat dibelah bakso krakatau yang berbentuk tumpeng akan mengeluarkan lelehan seperti lava dan mengundang selera,” ungkap Ayu.

Lihat juga...