Bekasi, Fokus Raih Adipura Bermartabat 2019

Editor: Mahadeva

BEKASI – Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, fokus pada upaya meraih Adipura Bermartabat 2019. Hal tersebut membutuhkan dukungan dari semua pihak di Kota Patriot.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota bekasi, Yayan Yuliana – Foto M Amin

“Program awal LH (Lingkungan Hidup), akan fokus pada capaian raihan Adipura, Bagaimana Kota Bekasi bisa mendapatkan penghargaan Adipura tahun 2019. LH akan mengkoordinasikan dengan seluruh steakholder untuk terlibat,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Yayan Yuliana, usai acara pisah sambut dengan staf Dinas Perhubungan yang dipimpin sebelumnya, Rabu (12/6/2019).

Untuk mewujudkan raihan Adipura 2019, tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah. Harus melibatkan seluruh pihak, seperti pelaku usaha dan masyarakat. Dinas LH akan memetakan bagaimana Adipura benar-benar bisa terwujud di Kota Bekasi.

“Kita ingin Adipura yang bermanfaat. Untuk itu LH akan bersama masyarakat paling tidak sama sama untuk merapihkan lingkungan sendiri, dimulai dari RT dan RW dan perumahan,” tandasnya.

Untuk mencapai penghargaan Adipura, lebih banyak diperlukan peran masyarakat. Jika hanya pemerintah yang bergerak, hasilnya tidak akan maksimal. Selama ini, kesadaran sudah mulai dibangun hanya tinggal bagaimana memaksimalkan.

Hal lain yang akan menjadi perhatian LH, mengenai masalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Bantargebang. Ia berjanji, akan melakukan pembenahan, mengingat TPA Bantargebang menjadi salah satu bagian dari penilaian tim Adipura. “Selama ini soal TPA juga menjadi persoalan, karena masuk dalam penilaian yang rendah, tentu akan menjadi perhatian untuk dibenahi,” tukasnya.

Yayan Yuliana, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi. Akhir Mei lalu, ia menggantikan posisi Jumhana Lutihfi, sebagai Kepala Dinas LH. Luthfi dipercaya menjadi Kepala Dinas Pemukiman dan Perumahan, menggantikan posisi Dadang Ginanjar.

Di 2018 lalu, Kota Bekasi diketahui gagal meraih penghargaan Adipura. Hal tersebut menambah catatan bahwa Kota Bekasi belum pernah sekali pun mendapatkan penghargaan Adipura sejak ditetapkan di 1997 lalu.

Lihat juga...