Berwisata Alam Sambil Mengenal Permainan Tradisional

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANYUMAS – Wisata alam baru banyak bermunculan di kawasan Baturaden, Kabupaten Banyumas. Udara yang sejuk dan suasana pegunungan membuat banyak lokasi  bisa diolah menjadi wisata alam menarik. Salah satu yang sedang banyak dikunjungi adalah Caping Park.

Tempat wisata yang berada di Jalan Baturaden Barat, Desa Kebumen, Kecamatan Baturaden ini menyajikan spot-spot foto berlatar belakang pemandangan alam, serta berbagai macam permainan tradisional.

Di pintu masuk, pengunjung diberikan caping atau penutup kepala yang biasa dipergunakan oleh para petani. Ada ratusan caping disediakan oleh pihak pengelola. Sehingga di dalam lokasi, terlihat banyak orang mengenakan caping, suasana pedesaan menjadi lebih kental.

Lepas dari pintu masuk, ada lapangan yang terlihat sangat ramai. Lapangan ini menjadi tempat untuk mencoba permainan tradisional yang sekarang sudah jarang sekali dijumpai, yaitu egrang.

Disediakan egrang untuk anak-anak dan orang dewasa dan ada pula petugas yang siap memandu cara menggunakan egrang.

Pengunjung Caping Park sedang mencoba permainan tradisional egrang. Foto: Hermiana E. Effendi

Permainan ini menarik pengunjung, karena memang cukup sulit untuk bisa naik dan berjalan dengan menggunakan egrang yang tingginya sekitar 50 centimeter untuk orang dewasa dan 30 centimeter untuk anak-anak.

Pengunjung pun banyak yang duduk memutari lapangan untuk menyaksikan permainan egrang.

“Susah jalan dengan egrang, untuk naik saja sudah susah, apalagi jalan. Dibutuhkan keseimbangan yang bagus,” tutur salah satu pengunjung Caping Park, Toni.

Tempat wisata ini juga menyediakan banyak lokasi untuk berswafoto, mulai dari balon udara, timbangan cinta, rumah kaca, ayunan di atas bukit dan lain-lain. Ada juga yang menawarkan berfoto dengan burung hantu.

Anak-anak juga bisa belajar banyak hal sambil berwisata. Ada tempat kelinci yang lengkap dengan terowongan kecil-kecil. Anak-anak bisa bermain dengan kelinci sambil memberi makan wortel. Ada juga kandang domba yang mempunyai bulu tebal, serta kandang sapi dan kerbau.

Salah satu pengunjung Caping Park, Toni. Foto: Hermiana E. Effendi

“Suka ke sini, karena tempatnya luas dan enak untuk bersantai, udaranya sejuk. Anak-anak juga suka berfoto-foto atau main dengan kelinci. Ada kolam terapi ikan juga, jadi kalau capek berkeliling, bisa langsung santai sambil terapi ikan,” kata Toni.

Tiket masuk ke lokasi wisata ini cukup terjangkau, hanya Rp 25.000 per orang dan pengunjung bisa pulang dengan membawa banyak hasil swafoto keren-keren.

 

Lihat juga...