hut

Besok Jalur Pendakian Gunung Rinjani Kembali Dibuka

Editor: Koko Triarko

MATARAM – Setelah ditutup cukup lama untuk proses pemulihan dan penelitian pascagempa bumi yang melanda Provinsi Nusa Tenggara Barat, beberapa waktu lalu, pendakian Tanaman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) akan kembali dibuka untuk umum pada Jumat (14/6).

“Mulai besok, 14 juni 2019, pendakian Rinjani melalui jalur pendakian Sembalun, Lombok Timur, dan Senaru, Lombok Utara, siap dibuka bagi masyarakat pendaki,” kata Kepala TNGR, Sudiyono, di Mataram, Kamis (13/6/2019).

Meski demikian,mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan, kegiatan pendakian hanya dibatasi sampai di Pelawangan dan tidak diperkenankan naik sampai ke puncak dan Segara Anak.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Sudiyono/ Turmuzi

Dijelaskan, acara peresmian pembukaan jalur pendakian akan dipusatkan di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, dirangkaikan dengan acara dialog dan penjelasan dari Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekowisata (KSDA).

“Untuk tiket pendakian, masyarakat bisa membeli online melalui aplokasi ‘e-rinjani’, yang bisa diakses mulai Kamis 13 Juni 2019, dengan mengunduh aplikasi di playstore,” katanya.

Lebih lanjut Sudiyono menambahkan, untuk pendakian melalui pintu masuk Sembalun dan Senaru, TNGR menyediakan kuota masing-masing 150 orang setiap hari. Sedangkan jalur pendakian Aiq Berik dan Timbanuh, masing-masing 100 orang setiap hari.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata NTB, Mohammad Faozal, berharap pendakian gunung Rinjani bisa segera dibuka, mengingat Rinjani menjadi salah satu tujuan wisata cukup diminati wisatawan melakukan pendakian, baik wisatawan Nusantara maupun mancanegara.

Lihat juga...