hut

Cara Mencangkok Tentukan Kualitas Anakan Jambu Kristal

Editor: Koko Triarko

BOGOR – Untuk mendapatkan anakan jambu citra yang baik, sangat bergantung pada proses pencangkokan. Pemilihan induk dan batang yang tepat, akan menghasilkan anakan baru yang memiliki sifat unggulan seperti induknya. 

Staf Produksi Kebun Taman Buah Mekarsari, Anna Sartika Hutapea, menyebutkan, mencangkok adalah salah satu cara perkembangbiakan tanaman dengan sistem vegetatif.

“Perbanyakan menggunakan sistem cangkok ini harus dilakukan pada tanaman sehat yang produktif,” kata Anna, saat ditemui di kebun jambu citra Taman Buah Mekarsari, Minggu (30/6/2019).

Anna menjelaskan, yang dimaksud dengan tanaman sehat produktif adalah tanaman yang sudah pernah berbuah dengan jumlah buah banyak dan kualitas buah bagus.

“Tanaman induk harus sehat. Apalagi, kalau memang sering berbuahnya. Kan kita pengen anaknya sama seperti induknya,” ujar Anna.

Tanaman sehat, menurut Anna, menjadi poin penting sebelum proses pencangkokan dimulai. Karena jika pencangkokan dilakukan pada tanaman yang sakit, akan membebani tanaman tersebut.

“Pencangkokan dilakukan pada cabang yang sehat. Bukan cabang yang terlalu kecil dan juga jangan cabang yang terlalu tua,” ucapnya.

Proses pencangkokan membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua bulan, sebelum dipindahkan ke polybag.

“Patokan keberhasilannya pada pertumbuhan akar. Jika akarnya sudah terlihat banyak di bola cangkok, artinya sudah waktunya untuk dipindahkan ke polybag,” kata Anna, melanjutkan.

Ia menjelaskan, perpindahan tanaman ke polybag ini berfungsi untuk membiasakan tanaman dengan media tanam. “Akar tanaman itu membutuhkan proses adaptasi dengan tanah. Media tanam di polybag pasti lebih gembur dibandingkan lahan. Ini akan mempermudah tanaman untuk mengeluarkan daun atau tunas muda baru,” paparnya.

Masa tanam di polybag ini biasanya berkisar antara satu hingga dua bulan. Masanya bergantung pada kondisi tanaman. “Saat dipindahkan ke lahan, biasanya tanaman sudah mencapai ketinggian 50 cm. Nanti setelah dua tahun, sudah mulai berbuah,” ujar Anna.

Jika bibit cangkok berasal dari induk yang bagus, dalam artian berbuah banyak, potensi berbuah bisa menjadi lebih cepat. Yaitu antara satu hingga 1,5 tahun.

Lihat juga...