Dikbud Mataram Pastikan PPDB Berlangsung Transparan

Editor: Koko Triarko

MATARAM – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, memastikan proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bisa berlangsung terbuka dan transparan.

“Kami pastikan, semua proses dan tahapan PPDB di semua sekolah, terutama sekolah yang selama ini jadi tujuan banyak orang tua mendaftarkan anaknya, akan berlangsung terbuka dan transparan,” kata Kepala Dikbud Kota Mataram, Fatwir Uzali, Kamis (13/6/2019).

Untuk memastikan hal tersebut, pihaknya akan melakukan pengawasan terhadap semua sekolah yang ada di Kota Mataram selama proses PPDB, baik melalui jalur prestasi maupun sistem zonasi.

Kepala Dikbud Kota Mataram, Fatwir Uzali/ Turmuzi

Ia juga meminta kepada masyarakat bisa ikut mengambil bagian, dengan ikut melakukan pengawasan, sehingga ketika ada temuan dugaan kecurangan bisa melaporkan ke Dikbud, agar bisa segera bisa ditindaklanjuti.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan NTB, Adhar Hakim, sebelumnya telah mengingatkan kepada semua sekolah, termasuk Dikbud kabupaten/kota, termasuk Provinsi NTB, agar dalam proses PPDB dilakukan secara jujur dan transparan.

Langkah tersebut dilakukan, agar semua peserta didik memiliki kesempatan yang sama untuk masuk di sekolah mana pun, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, tanpa ada praktik kecurangan.

Ombudsman pun memastikan akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan langsung di lapangan, selain menerima aduan dari masyarakat.

Khusus Kota Mataram, proses seleksi PPDB akan dimulai pada Juli mendatang. Untuk jalur prestasi, proses seleksi akan dilakukan tangga 1 dan 2 Juli, sedangkan seleksi melalui sistem zonasi dilakukan mulai tanggal 3 sampai 4 Juli 2019.

Lihat juga...