Dinkes Jayawijaya Imbau Puskesmas Lama Tetap Jalan

Puskesmas, ilustrasi - Dok: CDN

WAMENA – Kepala Dinas Kesehatan Jayawijaya, dokter Willy Mambieuw, mengimbau sejumlah petugas kesehatan yang ada di beberapa Puskesmas yang baru dibangun, agar tetap melakukan pelayanan di Puskesmas lama.

Willy Mambieuw mengatakan, ada beberapa pemerintahan distrik yang menginginkan agar pelayanan di Puskesmas baru tidak dilakukan hingga peresmian, namun telah diimbau kepada petugas untuk  memberikan pelayanan.

“Misalnya di Welesi ini, sebenarnya sudah kita kasih petugas masuk, tetapi dari distriknya mereka mau setelah Puskesmas diresmikan baru pelayanan mulai berjalan,” katanya, Minggu (23/6/2019).

Ia mengatakan, beberapa gedung Puskesmas yang sementara memasuki tahap akhir pembangunan dan segera diresmikan tersebar di empat distrik.

“Puskesmas yang belum diresmikan itu Melagalome, Yalengga, Wollo, Welesi. Sampai sekarang masih pakai Puskesmas yang lama. Jadi, tetap pelayanan jalan,” katanya.

Dokter bedah ini mengatakan, masih menunggu informasi dari masing-masing kepala Puskesmas terkait waktu peresmian bangunan-bangunan baru itu.

Pada 2019 Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua, meresmikan dua Puskesmas, yaitu Puskesmas Tagime dan Puskesmas Pyramid.

Bupati mengatakan, pemerintah membangun gedung Puskesmas baru, karena bangunan Puskesmas lama terbuat dari balok dan papan.

Mantan wakil bupati dua periode ini mengharapkan dengan pembangunan Puskesmas baru tersebut, pelayanan kepada masyarakat makin dekat, sebab awalnya ada warga yang mesti menempuh jarak tujuh kilometer untuk sampai ke Puskesmas terdekat. (Ant)

Lihat juga...