Disdik Bekasi Maksimalkan Layanan Publik ‘Call Center’

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Menjelang masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi mulai memaksimalkan akses layanan informasi publik atau call center 021- 882543, 082113781258. Orang tua murid yang akan memasukkan anaknya sekolah tingkat SD/SMP dan masih kurang jelas informasinya, bisa memanfaatkan layanan tersebut.

“Disdik Kota Bekasi memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk menggunakan layanan tersebut selama 24 jam,” ungkap Inayatullah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Senin (17/6/2019).

Dikatakan, masyarakat dapat menghubungi nomor call center tersebut untuk kebutuhan informasi publik terkait PPDB 2019, pengaduan masyarakat dan informasi publik lainnya. Ini untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi dari Dinas Pendidikan Kota Bekasi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah –Foto: M Amin

Menurutnya, call center dimaksimalkan sebagai salah satu upaya Dinas Pendidikan melaksanakan amanat UU No.14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Sebenarnya call center ini sudah berjalan lama, ini kita lakukan sebagai upaya dari dinas untuk melaksanakan amanat dari UU Keterbukaan Informasi Publik,” katanya.

Menurutnya, pada musim PPDB 2019 ini, sekitar 70 penelepon masuk di setiap harinya. “Banyak dari para orang tua yang ingin mengetahui informasi lebih detail, terutama terkait tahapan, syarat dan jadwal PPDB 2019,” ujar Inayatullah.

Banyak dari orang tua calon murid yang akan mengikutsertakan anaknya di PPDB tingkat SD/SMP, menelepon melalui call center hanya untuk berdialog soal zonasi dan mekanisme penerimaan siswa baru.

Untuk itu, tegasnya, Dinas Pendidikan Kota Bekasi memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk menggunakan layanan tersebut selama 24 jam. Disdik sendiri saat ini sudah menyiapkan operator untuk bersiaga.

“Selain call center, yang dimaksimalkan juga layanan web dan media sosial. Untuk itu, warga juga bisa mengikuti di medsos atau web disdik,” jelasnya.

Pantauan Cendana News, Senin (17/6), di beberapa sekolah tingkat atas dan SMK di Kota Bekasi mulai dipadati pendaftar PPDB 2019. Mereka mengaku pendaftaran serentak tingkat SMA sudah dimulai, dan beranggapan bisa mendapat kesempatan lebih besar d terima di sekolah yang dituju.

Guru SMA 8, Kota Bekasi, Dedi Suryadi, mengatakan, sekolah SMA di tempatnya pada PPDB 2019 menerima pengajuan 11 rombel, dengan jumlah siswa didik berkisar 360 orang, sama tahun sebelumnya.

Antrean sudah berjalan untuk pendaftaran PPDB Online, sejak pagi orang tua siswa sudah mengantre.

Suryadi mengimbau orang tua siswa tidak perlu datang pagi ke sekolah, dan berharap bisa memiliki peluang besar diterima karena hadir mendaftar lebih dulu. “Ini kan sistem zonasi, jika persyaratan memenuhi, peluang diterima lebih besar,” tandasnya.

Lihat juga...