Dorong Go Digital, Telkom Balikpapan Latih Pelaku UMKM

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BALIKPAPAN – Untuk mendorong pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah menuju industri digital, Telkom Balikpapan mengajak UMKM untuk menggunakan digital ataupun online dalam melakukan pemasaran produk. Agar pelaku UMKM mahir dalam menggunakan digital pada triwulan III dan IV tahun 2019 akan dilakukan pelatihan secara bertahap.

Manager HR & CDC Telkom Balikpapan, Muh. Masudi, mengungkapkan pada triwulan III dan IV 2019 Telkom akan menyelenggarakan program pelatihan internet khusus bagi pelaku UMKM mitra binaan Telkom.

“Peningkatan kompetensi para pelaku UMKM juga akan didukung penuh oleh Telkom yang berkomitmen menyediakan akses broadband kepada masyarakat dengan produk unggulan,” katanya, di sela Kegiatan Penyaluran Bantuan Bergulir oleh Telkom Balikpapan kepada 22 Pelaku UMKM.

Ia menjelaskan dengan Go Digital Telkom mengajak UMKM untuk terus maju sesuai dengan perkembangan teknologi yang artinya mengembangkanpemasaran  lebih luas dengan digital online.

“Mitra binaan ini kita bina terus dengan mengajak UMKM menggunakan digital online, dan pelatihan dilakukan secara bertahap,” ucap Muh. Masudi, Kamis (20/6/2019) .

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Dinas UMKM, Koperasi dan Perindustrian Kota Balikpapan, Rubangi mengharapkan kepada pelaku UMKM untuk menjalankan usaha dengan memasarkan produk  semi modern agar lebih menjangkau area yang luas.

Apalagi saat era digitalisasi, begitu banyak kemudahan dalam promosi produk yang dihasilkan UMKM.

“Kami berharap bapak ibu menjalankan usaha dengan melakukan pemasaran semi modern agar produknya lebih dikenal sesuai sasaran, karena sekarang banyak cara yang bisa dilakukan,” imbuhnya.

Rubangi menyebutkan, setiap jumlah pelaku UMKM di Balikpapan terus tumbuh ditambah pengajuan izin usaha untuk Usaha Mikro dan Kecil dapat diterbitkan pada tingkat kecamatan.

“Saat ini IUMK dapat diurus di tingkat kecamatan, sehingga pelaku usaha banyak kemudahan. Apalagi setiap tahun jumlahnya meningkat artinya UMKM cukup serius untuk memajukan usaha,” ujarnya.

Dia mengharapkan dengan suntikan bantuan modal melalui Telkom dapat meningkatkan produksi dan perekonomian daerah.

“Dengan adanya suntikan modal dapat memanfaatkan dana untuk meningkatkan produksi dan hasil ini dapat mendongkrak perekonomian UMKM maupun daerah,” tutup Rubangi.

Lihat juga...