hut

Durian Padang Banjiri Sejumlah Kawasan Palembang, Diburu

Buah durian asal Lampung (Dok. Ant)

PALEMBANG — Buah durian dari Padang, Sumatera Barat yang membanjiri pasar dan sejumlah kawasan dalam Kota Palembang, Sumatera Selatan, diburu pemudik yang mengidamkan memakan buah tersebut.

Sejumlah lapak kaki lima dan kios pedagang buah durian di Palembang, Minggu (9/6/2019), tampak dipenuhi penyuka buah durian yang memilih buah tersebut untuk dibawa ke rumah dan dimakan langsung di tempat.

Buah durian banyak dijual pedagang di kawasan Jalan Demang Lebar Daun dan Pasar Kuto Palembang dengan membuka lapak kaki lima, dan ada juga yang memanfaatkan mobil bak terbuka.

Salah seorang pedagang, Rosyidi, mengatakan durian itu sejak sebulan terakhir mulai didatangkan dari wilayah Padang yang sedang panen buah tersebut.

“Sekarang ini kebun buah durian milik masyarakat dan petani di Padang dan beberapa daerah di Sumbar lainnya sedang panen, untuk memenuhi permintaan penyuka buah durian di Palembang dan meyambut datangnya pemudik diupayakan didatangkan dari daerah luar Sumsel,” ujarnya.

Buah durian dijual dengan harga bervariasi tergantung besar kecilnya ukuran, paling murah dijual Rp50.000 per butir dan paling tinggi Rp85.000 per butir, kata pedagang buah yang mangkal di pinggir Jalan Demang Lebar Daun.

Sementara salah seorang pembeli, Hanib mengatakan, dia sengaja mencari buah durian karena sudah lama tidak memakannya selama berada di daerah rantau Jakarta.

“Durian ini selain untuk dimakan langsung ada juga yang dibawa pulang dijadikan bahan makanan olahan seperti kolak,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...