hut

Emir Qatar Dijadwalkan Berlibur ke Maumere

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Emir Qatar, Syekh Tamim bin Hamad bin Khalifa al-Tsani,direncanakan akan berlibur ke Maumere. Rombongan akan tiba dengan dua pesawat jet pribadi dari bandara I Gusti Ngurah Rai, yang direncanakan tiba di Maumere sekitar pukul 15.30 WITA, Jumat (7/6).

“Kedatangan rombongan Emir Qatar tersebut menggunakan dua pesawat jet pribadi, yakni GLF6/A7CGC dan E 135/PKRJP. Pesawat diperkirakan terbang dari Denpasar pukul 14.30 WITA,” sebut kepala kantor Imigrasi kelas II Maumere, Vincentius Purwo Hendratmoko, Jumat (7/6/2019).

Dikatakan, Moko, sapaannya, selain membawa dua jet pribadi, Emir negara Qatar ini juga membawa sebuah kapal pesiar. Untuk kapal pesisr tersebut saat ini telah berada di kawasan perairan Teluk Maumere.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Maumere, Vincentius Purwo Hendratmoko. -Foto: Ebed de Rosary

“Benar, beliau akan datang bersama rombongan dan pihaknya telah memberitahukan hal ini kepada kami. Tentunya akan dicek juga kelengkapan dokumennya,” sebutnya.

Moko menambahkan, pesawat khusus E 135/PKRJP, akan membawa Sultan Ghanim S. Alhodaifi Al-Kuwari, Abdulla Mohammed M.S Al-Khulaifi, Abdulhadi Awajan H.F. Al-Hajri, Abdulhadi Khalil M.A. Al-Hajri, Ali Hamad S A Al-Hajri danJaralla Mihd T B Al-Nabet.

Selain itu, juga ada Khalifa Kayed M A Al-Muhannadi, Mansour Faleh F Sh Al-Hajri, Abdulla Mohammed S L Al-Khayarin, Aboobacker Siddique Pookkayil, Gocha Jibuti, Abdulla Jaber A A Al-Sulaiti, Mohammad Noor Abdulghafoor serta Edward Estores.

“Kemungkinan Emir Qatar dan rombongan akan melakukan diving dan berlibur di kawasan Teluk Maumere.Tempat ini memang selalu jadi tempat favorit untuk diving,” ungkapnya.

Hendrikus Sukardi, salah seorang pemilik cottage di Wairterang, mengakui kawasan teluk Maumere memang menjadi favorit bagi pencinta diving, terutama wisatawan asing.

“Hampir semua wisatawan asing kalau ke Maumere suka snorkling atau diving di perairan kawasan Teluk Maumere. Rata-rata mereka suka diving hingga dua sampai tiga hari di Teluk Maumere,” ungkapnya.

Menurutnya, ada beberapa spot menyelam yang menarik bagi wisatawan seperti di pulau Kojadoi. Selain itu, ada beberapa spot di pulau Babi yang sangat indah, penyelam bisa melihat patahan-patahan bekas tsunami pada 1992.

“Kawasan Teluk Maumere pada 1980-an, dipromosikan oleh almarhum Frans Seda ke luar negeri dan menjadi salah satu spot diving favorit. Sejak itu, banyak wisatawan asing yang datang ke sini,” ujarnya.

Kunjungan wisatawan berkurang sejak adanya tsunami pada 1992, karena banyak karang yang rusak. Namun setelah 20 tahun, keindahan alam bawah laut di Teluk Maumere mulai bagus kembali.

“Hampir setiap hari selalu saja ada wisatawan asing yang berkunjung dan menyelam di Teluk Maumere. Hampir semua penyelam mengagumi keindahan alam bawah lautnya,” katanya.

Syekh Tamim bin Hamad bin Khalifa al-Tsani adalah Emir negara Qatar saat ini. Dia adalah putra keempat dari Emir Qatar sebelumnya, Syekh Hamad bin Khalifa al-Tsani. Ia menjadi Emir Qatar pada 25 Juni 2013, setelah ayahnya turun tahta.

Lihat juga...