hut

Forum Nagari Berperan Membantu Kewaspadaan Penyakit Menular

Editor: Mahadeva

PESISIR SELATAN – Kehadiran Forum Nagari Siaga di setiap kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, berkonstribusi besar membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Utamanya, dalam upaya mengantisipasi keberadaan penyakit menular. Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, mengatakan, forum nagari berperan dan berfungsi besar dan perlu mendapatkan dukungan dari masyarakat.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni/Foto: M. Noli Hendra

Pemerintah daerah, melalui Dinas Kesehatan mendorong dan memotivasi semua nagari menghidupkan Forum Nagari Siaga, yang berorientasi pada penyehatan lingkungan.

“Sebab dengan terbentuk dan aktifnya Forum Nagari Siaga, maka berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat, terutama sekali menyangkut dengan kesehatan dan lingkungan, bisa dilakukan pemecahannya secara bersama. Sebab persoalan kesehatan masyarakat merupakan tanggung jawab bersama,” katanya, Jumat (14/06/2019).

Di forum tersebut, tenaga kesehatan mulai dari bidan desa atau nagari hingga ke tingkat Puskesmas beserta para dokternya, dapat berkoordinasi menghadapi persolanan lingkungan dan kesehatan masyarakat. “Sehingga bila terjadi persoalan di masyarakat, pemecahan solusi atau tindakan-tindakan yang musti dilakukan, bisa ditangani dengan cepat, termasuk juga dalam mengantisipasi penyebaran penyakit menular,” ungkapnya.

Keterbatasan sarana pelayanan kesehatan terutama di daerah terpencil, menjadi salah satu penyebab penyebaran informasi dan sosialisasi tentang kesehatan yang menjadi tidak maksimal.

“Dengan aktifnya Forum Nagari Siaga, maka persoalan itu akan bisa diatasi. Sebab dalam forum ini, peran serta masyarakat peduli kesehatan dan lingkungan juga fokus terhadap daerah-daerah terpencil, yang tentunya dengan cara melibatkan masyarakat yang berasal dari daerah terpencil itu sendiri. Disamping juga perangkat nagari, tim penggerak PKK nagari, serta kader nagari siaga itu sendiri,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Satria Wibawa, menjelaskan untuk tingkat kecamatan, koordinasi Forum Siaga Nagari dilakukan di setiap Puskesmas. “Di Pesisir Selatan terdapat 20 Puskesmas yang menjadi pusat koordinasi Forum Siaga Nagari. Puskesmas ini, tersebar di 15 kecamatan, sebab di beberapa kecamatan tertentu, ada yang memiliki dua Puskesmas, seperti Kecamatan Lengayang, Bayang, IV Jurai dan Kecamatan Batangkapas,” terangnya.

Diharapkan, tim yang tergabung dalam forum, benar-benar aktif melakukan penyuluhan dan pembinaan kesehatan kepada masyarakat. “Harapan itu disampaikan, sebab di daerah ini masih ditemui masyarakat yang belum memahami tentang arti pentingnya kesehatan dalam kehidupan keluarga,” pungkasnya.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!