hut

Gaji ke-13 PNS Cair Awal Bulan Juli

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

Sekretaris Daerah (Sekda) Banjarnegara, Indarto. Foto: Hermiana E. Effendi

BANJARNEGARA – Pemkab Banjarnegara memastikan gaji ke-13 PNS akan cair maksimal pada awal bulan Juli mendatang. Hal ini diharapkan bisa membantu para PNS, terutama yang anaknya masuk sekolah baru.

Sekretaris Daerah (Sekda) Banjarnegara, Indarto mengatakan, pencairan gaji ke-13 dilakukan pada minggu pertama bulan Juli. Bahkan pihaknya berencana, tidak berselang terlalu lama dari pencairan gaji reguler.

“Maksimal tanggal 4 Juli sudah bisa dicairkan gaji ke-13. jadi hanya berselang 2-3 hari dari pembagian gaji reguler bulanan,” tuturnya, Rabu (26/6/2019).

Lebih lanjut Indarto menjelaskan, gaji ke-13 PNS jumlahnya sama dengan gaji yang diterima setiap bulannya. Pembayaran gaji ke-13 itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2016.

Peraturan Pemerintah tersebut memuat tentang pemberian gaji, pensiun, atau tunjangan ketiga belas kepada PNS, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

Untuk pembayaran gaji ke-13 ini, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp 40 miliar. Total ada sekitar 8.500 PNS yang  akan menerima gaji ke-13, termasuk CPNS.

“Kita tunggu usulan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), gaji ke-13 ini mengacu pada gaji reguler bulan Juni, hanya saja tidak ada potongan. Gaji ke-13 ini juga akan dibayarkan pada CPNS yang ada di Banjarnegara, namun untuk CPNS pembayarannya baru 80 persen sesuai dengan ketentuan yang ada,” jelas Indarto.

Sekda berpesan, penerimaan gaji ke-13 ini, seharusnya juga diimbangi dengan adanya peningkatan kinerja PNS.

Terutama dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat, sebab pemerintah sudah berkomitmen untuk memberikan kesejahteraan bagi PNS, sebaliknya PNS juga harus menunjukkan kinerja yang terus meningkat.

Pembayaran gaji 13 ini juga bertepatan dengan penerimaan siswa baru, sehingga diharapkan mampu membantu orang tua dalam memenuhi kebutuhan sekolah anak-anak.

“Pergunakan gaji ke-13 dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan yang paling penting dan mendesak terlebih dahulu, jangan boros,” pungkasnya.

 

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!