Gorontalo Utara Tuan Rumah Tradisi Lebaran Ketupat

Salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Gorontalo Utara, turut menyiapkan ratusan buah ketupat untuk memeriahkan Gebyar Ketupat Provinsi Gorontalo di Kecamatan Atinggola - Foto Ant

GORONTALO – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, mengapresiasi penghargaan dari Pemprov Gorontalo, yang memusatkan perayaan tradisi Lebaran ketupat atau Gebyar Ketupat 2019 di daerahnya.

Gebyar ketupat 2019, digelar pada H+7 setelah Idul Fitri 1440 H. “Kecamatan Atinggola yang ada di wilayah timur kabupaten ini atau pintu masuk lintas Sulawesi yang berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Utara, menjadi wilayah yang dipilih untuk menggelar tradisi Lebaran ketupat,” ujar Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, Selasa (11/6/2019).

Pemkab memaksimalkan seluruh persiapan untuk kegiatan tersebut. Sudah dilakukan rapat koordinasi, untuk menyukseskan kegiatan tingkat Provinsi Gorontalo yang kegiatannya dipusatkan di Lapangan Atinggola tersebut.

Direncanakan, disiapkan 50 ribu buah ketupat siap saji, beserta lauk pauknya. “Kami optimistis akan memecahkan rekor menyajikan ketupat terbanyak melibatkan masyarakat dan aparatur pemerintahan daerah dari tingkat kabupaten hingga desa,” ujar Bupati.

Bupati akan menjadi tuan rumah yang mampu menyukseskan kemeriahan perayaan tradisi lebaran ketupat. Bukan sekadar kemeriahan, namun kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat untuk menjalin silaturahmi dan mempertahankan tradisi yang baik.

Khusus di tingkat kabupaten, setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berpartisipasi menyiapkan lima ratus buah ketupat beserta lauk pauknya. Mereka akan menyajikannya di setiap stan yang dapat dikunjungi masyarakat, kapan saja selama perayaan berlangsung. Masyarakat dapat berbaur, makan gratis bersama dan akan disuguhkan dengan beragam hiburan dikemas dalam bentuk tradisional dan modern.

Rencananya, perhelatan tersebut akan dimulai pukul 07.00 pagi, diawali dengan doa syukur bersama di Desa Tombulilato, yang rencananya akan dihadiri Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie dan jajarannya. (Ant)

Lihat juga...