hut

Gubernur DKI: Hanya Sedikit ASN Masuk Kerja Terlambat Pascalebaran

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Gubuernur DKI, Anies Baswedan, menyatakan hampir 100 persen pegawai ASN di lingkungan pemprov yang dipimpinnya, pada hari kerja setelah Lebaran 2019 masuk kerja tepat waktu. Sisanya, 0,27 persen, terlambat.

“Kita tadi menerapkan pengawasan khusus untuk seluruh pegawai DKI. Jumlah PNS kita ada 66.087 orang, dan yang hadir tepat waktu 99,73 persen. Jadi hanya ada 187 orang atau 0,27 persen (yang telat),” ujar Anies Baswedan, saat menggelar halalbihalal bersama pegawai pemprov setempat di Kantor Balai Kota DKI, Senin (10/6/2019).

Anies menyebut, pihaknya akan memberikan sanksi bagi PNS yang terlambat. “Tentu bagi mereka yang tidak (patuhi aturan), akan ada sanksinya nanti sesuai dengan ketentuan yang ada,” kata Anies.

Sementara itu, Anies berterimakasih kepada para pegawai yang tetap bekerja selama libur Lebaran. Menurutnya, mereka tidak seperti kebanyakan pegawai yang mengambil cuti atau mudik selama hampir satu minggu.

Menurut Anies, pegawai yang terlambat atau membolos akan dikenakan sanksi sesuai PP Nomor 53 tahun 2010 tentang Kepegawaian. Dalam PP tersebut, pelanggaran disiplin dikenakan sanksi teguran atau peringatan.

Anies menggelar halalbihalal dengan pegawai yang berkantor di Balai Kota. Sejumlah pejabat DKI dan pejabat BUMD ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Ada pula pekerja penanganan prasaran dan sarana umum (PPSU) atau pasukan oranye, pasukan hijau ikut serta dalam antrean untuk bersalaman bersama Anies. Anies menyampaikan terima kasih khusus untuk mereka.

Anies mengatakan, pihaknya sengaja menyempatkan untuk mengadakan kegiatan halalbihalal, guna menyambung silahturahmi dengan PNS Balaikota DKI.

Ada pula pekerja penanganan prasaran dan sarana umum (PPSU) atau pasukan oranye, pasukan hijau ikut serta dalam antrean untuk bersalaman bersama Anies. Anies menyampaikan terima kasih khusus untuk mereka.

“Khususnya di bidang kesehatan, bidang kebersihan, keamanan, kebakaran, dan semua bidang lain yang semuanya tidak mengikuti libur atau cuti brsama, karena mereka bertugas. Apresiasi kepada mereka semua,” ujar Anies.

Di samping itu, Anies turut mengapresiasi seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta yang selama libur Lebaran 2019 tetap melaksanakan tugasnya, untuk memberikan pelayanan umum yang terbaik kepada masyarakat Jakarta, baik yang mudik maupun tidak mudik Lebaran. Para jajaran Pemprov DKI Jakarta ini telah bekerja memastikan semua warga dapat merayakan lebaran di Jakarta dalam kondisi yang bahagia, aman, dan damai.

Hadir pula dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah, bersama sejumlah kepala dinas lainnya. Mulai dari Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania, Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta, Suzy Marsitawati, Asisten Pembangunan, Yusmada Faisal, hingga Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M Taufik.

Lihat juga...