hut

H-2 Lebaran, Arus Mudik di Jalinsum Ramai Sepeda Motor

Ilustrasi - Dok CDN

DELISERDANG – Pengendara sepeda motor meramaikan arus mudik di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) khususnya pada ruas jalan Tanjung Morawa-Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara pada H-2 Lebaran 2019.

Berdasarkan pantauan Senin siang, pengendara  sepeda motor tampak mendominasi lalu lintas yang menjadi penghubung Kota Medan dengan sejumlah kabupaten di Sumut.

Sebagian dari mereka terlihat berboncengan bersama kerabat atau teman dengan membawa tas ataupun barang bawaan yang secukupnya untuk tempat yang sangat terbatas di atas sepeda motor.

Herianto, salah seorang warga Pematang Siantar yang ditemui saat beristirahat di salah satu warung di Lubuk Pakam, mengatakan, dia bersama saudaranya mudik menggunakan sepeda motor, hal yang sama dia lakukan dalam tiga tahun terakhir setiap lebaran.

Menurut mahasiswa di salah satu peguruan tinggi di Medan itu, menggunakan sepeda motor lebih praktis dan bisa singgah dimana saja dalam perjalanan menuju kota asalnya di Pematang Siantar.

“Kami bisa gantian bawa motor. Perjalanan lebih santai dan bisa mampir dimana tempat yang kami inginkan, kalau kami naik bus kan itu tidak bisa dilakukan,” katanya.

Hal yang sama juga dikatakan Bambang, pemudik lainnya yang ditemui di tempat yang sama yang juga menggunakan sepeda motor dengan tujuan Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

“Dalam beberapa tahun ini saya memang lebih senang pakai sepeda motor kalau mudik. Di kampung nanti saya juga akan keliling bertemu dengan teman-teman lama, jadi butuh kendaraan. Maka saya mudik pakai sepeda motor,” katanya. (Ant)

 

Lihat juga...