hut

Hampir 10 Tahun, David Silva Bersiap Tinggalkan City

Editor: Makmun Hidayat

MANCHESTER — Kabar mengejutkan diungkap gelandang veteran David Silva. Salah satu pemain kunci Manchester City ini membuat pernyataan yang tak ingin didengar fans The Citizen. Silva menyebut bahwa ia tengah bersiap meninggalkan Manchester Biru.

Pemain internasional Spanyol ini masih memiliki sisa kontrak selama 12 bulan bersama tim asuhan Pep Guardiola. Silva yang kini berusia 33 tahun menyebut, 10 tahun bakal menjadi akhir yang sempurna dalam perjalanan karirnya yang mengesankan bersama City.

Silva bergabung pada Juni 2010 dari Valencia dengan nilai transfer sebesar 21 juta poundsterling. Silva turut andil membantu klub meraih beragam trofi juara selain Liga Eropa dan Liga Champions.

Ditanya mengenai kemungkinan tetap bertahan setelah musim 2019-20 saat City berjuang mempertahan titel juara Liga Primer untuk ketiga secara beruntun, Silva dengan tegas menyatakan tidak. Ia tetap memilih mengakhiri karir bersama The Citizen, tahun depan.

“Tidak, musim ini yang terakhir. 10 tahun sudah cukup bagi saya. Itu adalah waktu yang sempurna buat saya,” tegas Silva seperti dikutip Mirror.

Dia menjelaskan, manajemen klub sebenarnya ingin agar ia memperpanjang kiprahnya di Etihad Stadium dalam dua tahun depan. Tapi ia memutuskan hanya mengambil satu tahun saja dan menggenapi karirnya bersama klub Manchester menjadi 10 tahun.

“Jadi saya berhenti setelah 10 tahun, melengkapi siklus. Saya tidak bisa melihat diri saya sendiri bermain melawan City untuk klub lain. Jadi 10 tahun, itu sudah cukup,” tegasnya lagi.

Sebelum mengutarakan soal persiapan pensiun dari kiprahnya bersama City, Silva sudah berulang kali mengutarakan bahwa ia ingin mengakhiri karir sebagai pesepakbola professional di tanah kelahirannya, Gran Canaria. Ia ingin membela klub lokal, Las Palmas.

Tapi keinginan itu harus ditunda dulu sebab Las Palmas yang sempat bermain di La Liga akhirnya terperosok ke divisi dua. Padahal, Silva hanya akan bermain untuk klub daerahnya itu bila Las Palmas kembali ke La Liga.

“Saya akan melakukannya, tapi saya tidak tahu. Sepakbola berubah, siapa yang tahu? Tapi saya akan senang mengakhiri karir di sini di Las Palmas. Semua tergantung tim dan para pemainnya. Saya tidak bisa ke sini untuk bermain di divisi dua,” pungkasnya.

Lihat juga...