Harga Daging Ayam Broiler di Banyumas, Turun Drastis

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Harga daging ayam broiler di Kabupaten Bayumas turun drastis hingga di bawah Rp 10.000 per kilogram untuk harga di tingkat peternakan. Kondisi ini membuat para peternak ayam memilih untuk menjual langsung daging ayam kepada konsumen.

Salah satu peternak ayam yang dalam sepekan terakhir berjualan langsung di pinggir jalan, Hida menuturkan, harga penawaran di tingkat peternak yang dibeli dalam kondisi ayam masih hidup sangat rendah, yaitu kisaran harga di bawah Rp 10.000 per kilogram.

Otomatis ia akan merugi cukup banyak, karena itu Hida memilih untuk membuka lapak dengan jualan langsung daging ayam.

“Harga daging ayam sekarang hancur sampai level terendah yang pernah saya alami. Jadi saya pilih jualan langsung ke konsumen, karena bisa mendapatkan harga lebih baik,” tuturnya, Kamis (27/6/2019)

Hida dengan dibantu dua orang rekannya, berjualan di wilayah Purwokerto Utara. Ia membuka lapak dagangan di pinggir jalan mulai siang hari pukul 11.00 WIB hingga menjelang petang. Menurutnya, banyak konsumen yang membeli daging ayam pada jam-jam sepulang kantor.

“Kalau ibu-ibu PNS atau pegawai swasta pulangnya di atas jam 15.00 WIB, sehingga saya memilih buka hingga sore. Tidak berbenturan dengan penjualan ayam yang keliling pagi hari atau penjual ayam di pasar-pasar tradisional,” terangnya.

Menurut Hida, harga daging ayam di tingkat peternak saat lebaran kemarin cukup baik, di atas Rp 20.000 per kilogram. Seminggu pasca lebaran, harganya terus merosot dan dalam sepekan ini sudah sampai harga terendah. Jika di peternakan, ayamnya hanya di harga Rp 7.000 per kilogram. Padahal harga produksi ayam, mulai dari pemeliharaan hingga biaya pakan, mencapai Rp 18.000 lebih per kilogram.

Turunnya harga ayam di tingkat peternak ini, lanjutnya, akibat banyaknya peternak baru yang bermunculan, yaitu peternak skala besar di wilayah Banyumas dan sekitarnya. Sementara, pasca lebaran, permintaan daging ayam menurun, sehingga stok ayam di peternakan melimpah.

Harga jual ayam broiler yang turun drastis, tidak hanya terjadi di Banyumas, namun hampir di seluruh wilayah Jawa.

Namun, untuk harga di tingkat pedagang, yaitu di pasar-pasar tradisional, harga daging ayam masih di kisaran Rp 30.000 per kilogram. Harga tersebut sudah menurun dibanding saat lebaran lalu yang mencapai Rp 45.000 per kilogram.

 

Lihat juga...