hut

Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi, Pekan Ini Diprediksi Masih Akan Terjadi

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, masih akan terjadi hujan dengan intensitas lebat dan gelombang tinggi di beberapa wilayah Indonesia. Kejadian tersebut diprediksi masih akan terjadi hingga pekan depan.

BMKG meminta, masyarakat dan pemerintah daerah untuk tetap waspada. Kasubbid Produksi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Siswanto, M.Sc, menyatakan, ada sekira enam persen wilayah Indonesia yang masih berpotensi mengalami curah hujan tinggi.

“Tinggi itu artinya diatas 150 mm/das. Kita pantau masih berpotensi terjadi di bagian timur Sulawesi Tengah, bagian utara Papua Barat dan bagian tengah Papua,” kata Siswanto, Kamis (13/6/2019).

Sementara, untuk yang berpotensi rendah antara 0 hingga 50 mm/das, berpotensi terjadi di 26 persen wilayah Indonesia. “Aceh bagian utara, Riau, Lampung bagian selatan, sebagian besar Jawa dan Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan bagian barat dan Papua bagian selatan,” ucapnya.

Kepala Bidang Informasi Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo, MT – Foto Ranny Supusepa

Untuk kategori menengah dengan curah hujan antara 50 hingga 150 mm/das, akan berpotensi terjadi di 68 persen wilayah Indonesia. “Potensi curah hujan menengah akan terjadi di Sumatera, Kalimantan,  Sulawesi, Maluku dan Papua,” ujarnya lebih lanjut.

Selain potensi hujan lebat, potensi gelombang tinggi hingga ena, meter, diperkirakan akan terjadi di perairan barat Pulau Enggano Bengkulu, perairan barat Lampung, Samudera Hindia Barat Mentawai hingga Lampung,  Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Pulau Jawa hingga Lombok, Selat Bali bagian selatan dan Samudera Hindia selatan Jawa hingga Lombok.

“Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh hujan lebat tersebut seperti potensi terjadi banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin,” kata Kepala Bidang Informasi Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo, MT.

Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area, yang berpeluang terjadi gelombang tinggi juga harus meningkatkan kewaspadaan.

Lihat juga...