hut

Ikan Cupang Koi, Trend Baru Ikan Hias

Editor: Mahadeva

BEKASI – Ikan Cupang, kembali diminati pasar terutama oleh kalangan penghobi ikan hias di wilayah Jabodetabek. Ikan Cupang, dulu dikenal sebagai ikan aduan, dan kini memiliki trend baru sebagai ikan hias.

Ikan cupang memiliki keunikan pada warna, mampu memberi kesejukan bagi penghobi. Tidak heran, kini pasarnya mulai menjanjikan karena cukup digandrungi. “Ikan Cupang Koi, bisa dikatakan sebagai trend baru ikan hias dibeberapa pasar ikan hias di wilayah Jabodetabek. Permintaan pasar mulai banyak dan cukup menjanjikan,” ungkap Zainal Abidin, pembudidaya dan selaku suplayer ikan hias di beberapa pasar di Jabodetabek, kepada Cendana News, Senin (24/6/2019)

Naik daun lagi, Ikan Cupang Koi kembali digandrungi kalangan penhobi ikan hias. Ikan Cupang Koi, memiliki keunikan pada warna yang multicolour –  Foto M Amin

Ikan Cupang Koi merajai pasar ikan hias konvensional, karena cukup diminati. Terutama di penjualan online, dengan pemesan dari berbagai daerah di Indonesia. Ikan Cupang Koi memiliki keunikan tersendiri, terutama pada performance multicolour yang dimiliki Ikan Cupang Koi, bisa memberikan keindahan di akuarium, sehingga bisa menyenangkan hati para penghobi.

Kelebih warna Ikan Cupang Koi, bisa memiliki lima warna dari proses penyilangan yang dilakukan. Namun, yang paling banyak hanya memiliki tiga warna dan untuk lima warna jumlahnya masih cukup minim. “Ikan Cupang Koi bisa dilihat dari kecerahan, ukuran dan lainnya. Untuk harga pererkornya mulai dari Rp25 ribu hingga ratusan ribu,” tandas Zainal, yang sudah 15 tahun menekuni usaha ikan hias.

Zainal menyebut, saat ini memiliki sekira 20 peternak yang dibina. Saat ini semua sedang mengembangkan ikan hias Cupang Koi, karena perawatannya cukup mudah sama dengan ikan cupang biasa. Untuk pakan, ikan Cupang Koi diberi makan cacing sutra, jentik nyamuk atau pellet yang banyak dijual di toko ikan.

Zainal optimistis, hingga akhir 2019 pasar Ikan Cupang Koi masih menjanjikan di Indonesia. Jika ada pembudidaya ikan Cupang Koi yang kesulitan melakukan pemasaran, Di siap membantu. Ikan Cupang Koi merupakan kreasi anak negeri, dan saat ini belum masuk pasar ekspor. Jika sudah ekspor, tidak menutup kemungkinan Ikan Cupang Koi akan diklaim Singapura, sebagai produknya seperti ikan hias lainnya.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!