hut

Inovasi Anak Muda Majukan Warung Cafe Damandiri Samiran

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

BOYOLALI — Semakin maju dan berkembangnya Warung Cafe Damandiri di Desa Mandiri Lestari Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, tak bisa dilepaskan dari peran pengurus Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera, yang didominasi anak-anak muda warga desa sekitar.

Dengan kreatifitasnya, mereka melakukan sejumlah inovasi dan terobosan baru, hingga membuat Warung Damandiri Samiran semakin ramai dikunjungi tamu, baik masyarakat sekitar maupun wisatawan. Sejumlah inovasi itu dilakukan dengan pendekatan modern kekinian yang memang menjadi pasar utama warung cafe ini.

Penambahan varian menu makanan baru, penataan warung yang lebih modern, hingga penyediaan fasilitas pendukung lainnya merupakan sejumlah hal yang dilakukan pengurus untuk mendongkrak jumlah pengunjung yang datang ke warung ini.

“Dulu, menu andalan warung ini hanyalah mie instan rebus. Tapi sekarang kita tambah menu lain seperti nasi ayam geprek, roti bakar, tahu bakso, pisang goreng dan sejumlah camilan lainnya. Menu ini kita pilih karena sesuai dengan kesukaan anak muda, yang memang mendominasi pengunjung warung ini. Termasuk juga minuman seperti kopi dan coklat,” kata Manager Umum Koperasi Sahabat Damandiri Sejahtera Samiran, Bayu Pramana.

Konsep Warung Cafe Damandiri juga terlihat begitu santai dan nyaman. Dimana tempat duduk tamu atau pengunjung dibuat di ruang terbuka beratap. Pengunjung bisa melihat langsung pemandangan menawan yang tersaji di kawasan lereng gunung. Sekaligus menikmati suasana alam khas pedesaan yang sejuk dan alami.

“Warung ini biasanya mulai ramai oleh pengunjung mulai pukul 11.00 siang. Pengunjung didominasi anak-anak muda, yang hendak bersantai sambil menikmati suasana. Biasanya mereka datang bersama-sama, satu rombongan. Baik itu anak sekolah hingga kuliahan,” ungkapnya.

Untuk membuat betah para pengunjung, pihak pengelola warung juga telah menyediakan sejumlah fasilitas pendukung. Mulai dari lahan parkir yang nyaman, kamar mandi atau toilet, mushola hingga wifi gratis.

“Ke depan kita sudah berencana menambah sejumlah fasilitas agar warung semakin ramai. Mulai dari penambahan menu makanan baru, pembuatan panggung kecil untuk live music, hingga menyediakan semacam meja bartender untuk menyajikan kopi langsung menggunakan alat pengolah kopi,” ungkapnya.

Lihat juga...