Jambu Citra Koleksi Mekarsari Mampu Berbobot 100 Gram per Buah

Editor: Koko Triarko

BOGOR – Jambu Citra merupakan salah satu jenis jambu yang memiliki potensi ekonomi yang tinggi. Selain rasanya yang manis, jambu citra yang dimiliki oleh Taman Buah Mekarsari mampu mencapai berat hingga 100 gram per buahnya. 

Staf Produksi Kebun Taman Buah Mekarsari, Anna Sartika Hutapea, menceritakan, di Taman Buah Mekarsari tanaman jambu citra ditanam di dua lokasi.

“Ada yang ditanam di lahan biasa ada yang di sistem kanal. Kita menggunakan sistem kanal, untuk memastikan suplai air bagi pohon jambu citra. Karena jambu air ini membutuhkan suplai air yang mencukupi,” kata Anna, saat ditemui di kebun jambu citra Taman Buah Mekarsari, Minggu (30/6/2019).

Menurut Anna, perbedaan tanaman jambu citra yang ditanam di lahan biasa dengan yang sistem kanal adalah pada berat buahnya.  “Yang ditanam di sistem kanal, bisa mencapai kurang lebih 100 gram per buah. Jad,i sekitar 10-12 biji per kilogramnya,” ujarnya.

Selain ukurannya yang besar, jambu citra juga memiliki keunggulan dari derajat kemanisannya. “Selain buahnya yang padat dan renyah, jambu citra ini manisnya bisa mencapai 12-14 brix,” kata Anna lebih lanjut.

Selain itu, keunggulan jambu citra lainnya adalah termasuk dengan tanaman yang tidak rewel. “Paling hanya gulma dan lalat buah. Tidak terlalu banyak membutuhkan perlakuan pestisida. Biasanya kalau di Mekarsari, kita lakukan perawatan hanya saat musim berbuah saja. Masa lainnya paling hanya pengairan saja,” papar Anna.

Pengembangbiakan jambu citra, menurut Anna, menggunakan sistem cangkok. Umumnya, tanaman hasil cangkok akan mulai berbuah pada umur dua tahun sejak dipindahkan ke lahan dari polybag.

“Saat bertumbuh, tanaman jambu air membutuhkan banyak air. Tapi kalau sudah mau masuk masa berbunga, hanya membutuhkan air yang sedikit. Yang penting itu panasnya,” kata Anna.

Setelah bunga mulai rontok, jambu citra akan memasuki masa berbuah. Proses dari berbunga hingga panen, menurut Anna, hanya membutuhkan waktu enam hingga delapan minggu.

“Kalau bunga sudah rontok, prosesnya cepat. Sekitar 2-3 minggu. Apalagi kalau udaranya panas, proses pembesaran buah lebih cepat. Yang lama itu saat proses menjelang bunga hingga bunga mekar,” ucapnya.

Memasuki umur 4 minggu dari masa berbunga atau sekitar seminggu dari bunga rontok, Anna menyebutkan buah jambu citra sudah mulai dibungkus.

“Kita bungkus menggunakan plastik bening biasa, yang dibolongi salah satu sisinya. Sehingga terjadi penguapan, airnya bisa keluar lewat lubang itu,” kata Anna, sambil menunjukkan jambu citra yang sudah mulai dibungkus.

Anna menyebutkan, pohon jambu citra mampu berproduksi hingga umur 20 tahun. Terutama jika pemiliknya rajin melakukan pemangkasan dan perawatan.

“Kalau dipangkas, nanti akan tumbuh tunas baru. Seperti di blok C, kita recovery sehingga keluar bunga dan buah yang lebih bagus,” pungkasnya.

Lihat juga...