hut

Jutaan Pengunjung Bakal Padati Wisata di Sumbar

Editor: Mahadeva

PADANG – Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat memperkirakan akan ada 1,5 juta pengunjung mendatangi objek wisata di Sumatera Barat. Jumlah itu diperhitungkan naik 30 persen jika dibandingkan kunjungan tahun lalu.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Oni Yulfian/Foto: M. Noli Hendra

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, Oni Yulfian, mengatakan, menyambut kedatangan pengunjung pada momen libur lebaran tahun ini, Gubernur Sumatera Barat telah mengeluarkan Surat Himbauan, yang bisa ditindaklanjuti Pemerintah Kabupaten dan Kota. Tujuan surat itu dikeluarkan, agar semua daerah memberikan kenyamanan kepada wisatawan.

“Perhitungan saya ada sekitar 1 juta pemudik yang akan melintasi jalan yang memiliki akses wisata. Dalam artian, pemudik akan menyinggahi lokasi wisata sambil beristirahat, sebelum sampai ke kampung halaman. Sementara setengah juta lagi, adalah hitungan khusus pengunjung yang akan mendatangi wisata pada saat libur lebaran,” katanya, Minggu (2/6/2019).

Oni menyebut, lokasi wisata yang bisa disinggahi pemudik setidaknya ada 10 titik wisata. Semjuanya ada  disepanjang jalur mudik yang dihitung pemudik yang datang dari Riau dan Medan. Diperkirakan lokasi wisata yang bisa dikunjungi atau disinggahi diantaranya, pemandangannya flyover Kelok Sembilan, Lembah Harau, Jam Gadang, Lembah Anai, Pantai Gandoriah, Masjid Raya Sumatera Barat, Pantai Padang, Kawasan Wisata Mandeh, Danau Kembar, dan Puncak Lawang.

Destinasi wisata yang direkomendasikan, merupakan daerah-daerah yang dapat dilalui oleh perantau yang mudik ke Sumatera Barat. “Titik lokasi itu kini memang lagi tengah bagus-bagusnya, salah satunya Jam Gadang di Bukittinggi, dengan adanya renovasi pedestrian, seperti air mancur yang diberi efek cahaya warna warni, lalu juga ada di Lembah Harau, ada tempat spot foto yang bagus,” jelasnya.

Mengenai persiapan, Pemerintah Kota Padang, telah melakukan sejumlah persiapan dilokasi pariwisata untuk menyambut pengunjung pada momen libur lebaran mendatang. Persiapan ini didasari, karena diperkirakan akan terjadi lonjakan pengunjung.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, mengatakan, pihaknya memprediksi di libur lebaran 1440 Hijriah, lokasi wisata di daerahnya, bakal dibanjiri wisatawan lokal. Prediksi ini beranjak dari perbaikan infrastruktur pariwisata di Kota Bengkuang, terbilang berkembang dengan baik. Mahyeldi menyebut, upaya lain yang dilakukan untuk memastikan kenyaman dan keamanan bagi pengunjung di hari libur lebaran, pihaknya bekerjasama dengan aparat kepolisian, dalam hal ini tim saber pungli.

“Pemerintah Kota Padang akan berusaha maksimal agar tidak terjadi tindakan-tindakan pungutan liar (pungli) atau penetapan harga makanan oleh oknum-oknum pedagang yang membuat perantau dan wisatawan merasa tidak nyaman saat berwisata dan berekreasi di Kota Padang,” ujarnya.

Seperti diprediksi dan berkaca pada libur lebaran tahun lalu, para wisatawan selalu membanjiri objek-objek wisata seperti Pantai Padang seperti, Pantai Muaro Lasak dengan Tugu Perdamaiannya, Pantai Chimpago dengan tugu IORA-nya serta Pantai Muaro dengan latar Gunung Padang.

Kemudian Pantai Air Manis, Kawasan Kota Lama Batang Arau, Jembatan Siti Nurbaya, Kawasan Gunung Padang dan Bukit Gado-Gado. Seturut juga berbagai kawasan wisata  di Kecamatan Bungus Teluk Kabung seperti Sungai Pisang dan pulau-pulau disekitarnya. Juga kawasan Pantai Pasir Jambak, Kawasan Lubuk Minturun dan tempat rekreasi anak- anak di Kawasan Tarandam.

Lihat juga...