hut

Kebumen Gelar 346 Pilkades, Polres Jamin Keamanan

Editor: Mahadeva

KEBUMEN – Kabupaten Kebumen menggelar Pemilihan Kepada Desa (Pilkades) serentak, Selasa (25/6/2019). Pilkades dilaksanakan di 346 desa, dengan pengamanan penuh dari jajaran Porles Kebumen dibantu personel TNI dan Satpol PP.

Kapolres Kebumen, AKBP Robertho Pardede. (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Kapolres Kebumen, AKBP Robertho Pardede, mengatakan, pihaknya siap mengamankan agenda pilkades serentak. Berbagai upaya persiapan pengamanan sudah dilakukan, mulai dari simulasi pengamanan, pemetaan wilayah rawan konflik, hingga penempatan pasukan pengamanan.

“Kita menerjunkan 400 personel, untuk pengamanan pilkades serentak. Jumlah tersebut sudah cukup memadai, karena dibantu juga dari personel TNI 200 orang dan Satpol PP 74 orang,” terang Kapolres Kebumen, Senin (24/6/2019).

Polres Kebumen juga menyiagakan personel Brimob, tambahan Dalmas dari Resor Purworejo dan Dalmas Resor Banjarnegara. Petugas Linmas di setiap desa juga dikerahkan, untuk ikut membantu pengamanan pilkades serentak. “Jadi pegamanan sangat berlapis dan melibatkan berbagai macam komponen, termasuk komponen masyarakat desa yang menyelenggarakan pilkades, juga sukarela ikut menjaga kondusifitas pilkades,” tuturnya.

Usai menggelar apel pergeseran pasukan pengamanan pilkades, Kapolres menegaskan, masyarakat dijamin bisa mempergunakan hak pilihnya dengan aman dan nyaman. Jika ditemukan adanya intimidasi untuk memilih calon tertentu, ataupun bentuk pelanggaran lain, masyarakat diimbau untuk tidak segan melapor kepada petugas.

Banyak petugas yang berpatroli di sekitar lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kapolres mengaku optimis, hajatan pilkades serentak bisa berjalan dengan aman. Berdasarkan pemetaan di masa tenang, tidak ada gejolak yang berarti. Semua berjalan kondusif dan masyarakat tetap melakukan aktivitas seperti biasa. “Kami berharap semua pihak ikut  berperan aktif  dalam menjaga situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah masing-masing,” jelasnya.

Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz, mengatakan, awalnya ada 348 desa yang akan menggelar pilkades serentak. Namun, dua desa terpaksa ditunda, karena belum memenuhi persyaratan.  “Yang dua desa nanti menyusul, setelah semua persyaratan terpenuhi,” tandasnya.

Pelaksanaan pilkades serentak di Kebumen mendapat perhatian khusus. Hal itu tidak terlepas dari waktu pelaksanaan yang berdekatan dengan Pemilu 2019. Sehingga kondusifitas wilayah benar-benar menjadi perhatian polri dan jajarannya.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!