Kekurangan Siswa, Sekolah di Jember Buka PPDB Gelombang Dua

Editor: Mahadeva

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jember Edy Budi Susilo. Foto: Kusbandono.

JEMBER – Sebanyak 53 Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur masih kekurangan siswa. 

Kondisi tersebut diduga, sebagai ekses dari penerapan zonasi pada penerimaan siswa baru. Kini, puluhan SMP tersebut membuka pendaftaran PPDB gelombang kedua. “Pendaftaran gelombang kedua PPDB untuk 53 SMP Negeri di Jember yang pagunya kurang, akan dibuka mulai hari ini hingga Sabtu (29/6/2019),” kata Kepala Dinas Pendidikan Jember, Edy Budi Susilo, Kamis (27/6/2019).

Sekolah yang masih kekurangan siswa adalah, SMPN 9 Jember kurang 37 siswa, SMP Negeri 13 Jember kurang 43 siswa, SMP Negeri 14 Jember kurang 86 siswa, SMP Negeri 15 Jember kurang 22 siswa, SMP Negeri Pakusari kurang 27 siswa, SMP Negeri 1 Jelbuk kurang 36, SMP Negeri 2 Jelbuk kurang 16 siswa.

“Kami imbau kepada orang tua siswa yang tidak masuk di sekolah pilihannya pada PPDB gelombang pertama, bisa datang ke 53 SMP yang kurang siswa dengan persyaratan mendaftar, yakni membawa bukti pendaftaran jalur zonasi gelombang pertama,” tuturnya.

Pendaftaran PPDB gelombang dua, hanya untuk memenuhi kekurangan kuota siswa baru yang dimiliki. Sehingga pendaftar yang lebih dulu datang, akan diprioritaskan. Dan apabila sekolah sudah cukup dari pagu, maka pihak sekolah disarankan untuk mengarahkan ke sekolah lain yang masih kekurangan siswa.

PPDB SMP di Jember menggunakan tiga jalur plus, yakni jalur perpindahan orang tua sebesar lima persen, jalur prestasi sebesar lima persen, dan jalur zonasi murni secara dalam jaringan (daring) sebesar 90 persen. Kemudian jalur tambahan kelas olahraga, yang hanya dibuka di dua SMP di Jember.

Dibagian lain, sebanyak 685 Sekolah Dasar Negeri (SDN) di 31 kecamatan di Kabupaten Jember juga tidak terpenuhi kuota siswanya. Mereka juga menggelar PPDB dengan menggunakan sistem zonasi. Hal itu sesuai Permendikbud No.51/2018.

“Sebanyak 685 SDN di Jember kuota pagunya tidak terpenuhi saat pendaftaran tahap pertama dibuka sejak 17 hingga 20 Juni 2019, karena banyak siswa yang mendaftar di sekolah tertentu,” katanya.

Jumlah SD Negeri di Jember ada 908 sekolah, dengan 1.142 Rombongan Belajar (rombel) atau kelas. Masing-masing pagu per-kelas sebanyak 28 siswa. Sehingga daya tampung siswa SD pada PPDB 2019 sebanyak 31.609 siswa.

Lihat juga...