hut

Kelompok Tani di Bekasi Dapat Bantuan Mesin Pertanian

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Kelompok Tani di Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, mendapat bantuan alat mesin pertanian dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi.

“Bantuan tersebut harus sebisa mungkin digunakan sebagaimana mestinya, agar mengurangi efek petani yang masih secara manual,”ungkap Rahmat Effendi usai menyerahkan bantuan, Senin (24/6/2019).

Dikatakan, bahwa di Kota Bekasi untuk lahan pertanian sudah tidak memadai. Sudah berganti dengan bangunan infrastruktur. Namun demikian imbuhnya, masih banyak warga memanfaatkan lahan perusahaan untuk bercocok tanam seperti padi dan lainnya.

Diakuinya bahwa lahan pertanian di Kota Bekasi masih tersisa di beberapa wilayah seperti kawasan kecamatan Mustika Jaya, Jati Asih, dan Pondok Melati.

“Dulu masih ada di area Medan Satria dan Bekasi Utara tapi sekarang sudah dominan menjadi bangunan infrastruktur pengembang seperti Summarecon dan lainya,” tandas dia.

Rahmat Effendi berharap bantuan alat pertanian yang telah diberikan sebagai bentuk perhatian pemerintah dapat memberi manfaat bagi petani di Kota Bekasi yang masih menggarap lahan secara konvensional.

Ia berpesan mesin bantuan tersebut dapat dipergunakan dengan maksimal dan tidak dijual lagi ke pihak lain.

“Jangan sampai bantuan tersebut dijual ke pihak lain, karena pasti akan ada pengecekan ke depan. Kalau dijual maka bisa berurusan dengan hukum,” ucapnya.

Salah satu petani aktif asal Jatiasih, Apriyanto, penerima bantuan, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan. Menurutnya bantuan tersebut akan mempermudah proses pertanian yang masih secara manual.

“Kami berterima kasih atas perhatian dari Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kota Bekasi untuk para petani di Kota Bekasi,” ujarnya.

Penyerahan bantuan alat mesin kepada petani tersebut seperti alat traktor tangan roda dua satu unit, pompa cultivator dua unit.

Penyerahan langsung oleh Wali Kota Bekasi, disaksikan Sekretaris Daerah Asisten II, H. Makbullah, dan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi, H. Momon Sulaeman.

Lihat juga...