Kemarau, Produksi TBS Sawit Petani Lamsel Menurun

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

LAMPUNG — Musim kemarau atau musim gadu di wilayah Lampung Selatan (Lamsel) berimbas produksi tandan buah segar (TBS) sawit kerdil, sebagian tidak berbuah. Hal tersebut diprediksi akan berlangsung hingga satu semester tahun ini.

Badiman, petani kelapa sawit di Desa Kelaten, Kecamatan Penengahan menyebutkan, biasanya pada lahan satu hektare saat kondisi normal bisa memanen 2 ton TBS sawit, namun saat ini hanya 1 ton TBS sawit. Pohon yang masih tetap produktif merupakan tanaman usia muda.

Selain faktor cuaca tibanya kemarau, Badiman memastikan usia tanaman juga memicu penurunan produksi. Upaya regenerasi pernah dilakukan dengan memakai sistem semai. Biji sawit dari indukan yang disemai pada polybag lalu ditanam pada lahan yang sudah disiapkan. Namun karena bibit kurang berkualitas hasilnya kurang maksimal.

“Pernah saya coba untuk mengembangkan benih sawit hasil indukan yang berasal dari pohon di kebun, namun hasilnya kurang maksimal karena sudah keturunan ketiga,” terang Badiman saat ditemui Cendana News, Senin (10/6/2019).

Badiman memperlihatkan hasil panen kelapa sawit pada pohon usia lebih dari 20 tahun. Foto: Henk Widi

Kondisi menurunnya produksi TBS sawit juga diakui Teguh, petani di Desa Pematang Baru, Kecamatan Sragi. Pemilik dua hektare sawit tersebut masih beruntung karena memiliki lahan sawit di tepi sungai Way Pisang. Aliran air yang tetap lancar bisa digunakan untuk pengairan saat musim kemarau. Meski demikian hasil TBS sawit masih tetap jauh dari hasil pada waktu kondisi normal.

“Hasilnya cukup jauh merosot meskipun sebenarnya harga sedang membaik pada tahun ini,” ujar Teguh.

Harga TBS sawit berkisar Rp1.200 lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya hanya mencapai Rp700 per kilogram. Sebagian pemilik kebun sawit kerap menjual TBS sawit secara kolektif kepada pengepul.

Sebelum bulan suci Ramadan ia mengaku masih bisa memanen sekitar lima kuintal TBS sawit. Hasil yang minim membuat ia mulai menyiapkan rencana untuk regenerasi tanaman.

Lihat juga...