hut

Kendaraan Pribadi yang Balik ke Jakarta Baru 50 Persen

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta mencatat, baru sekira 50 persen kendaraan pribadi, yang datang kembali ke Jakarta usai mudik lebaran. 

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyatakan, data tersebut didapat berdasarkan data Dinas Perhubungan DKI Jakarta, mengenai jumlah kendaraan yang masuk ke Jakarta. Dan diprediksikan, kendaraan pribadi akan terus berdatangan ke Jakarta. “Kalau catatan sampai tadi malam sekitar 50 persen catatan kendaraan pribadi yang masuk ke ibukota. Itu catatan Dishub per tadi malam,” kata Anies usai acara halalbihalal di Pendopo, Balai Kota, Pemprov DKI, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2019).

Dari data tersevut, aktivitas di Jakarta belum sepenuhnya kembali normal, dan cenderung masih sepi. “Jadi kita pantau perkembangannya, Jakarta masih sepi karena masih 50 persen yang kembali,” tandasnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta, Dhany Sukma, menyebut, dari 7,8 juta pemudik baru 4,3 juta yang masuk kembali ke Jakarta. “Itu pantauan sampai dengan tadi pagi. Nanti selisihnya (yang pergi dan yang pulang) dipantau sana,” ujar Dhany.

Dhany menyebut, pihaknya terus memantau pergerakan warga. Jumlah pendatang akan bisa diketahui, dari selisih warga yang pergi dengan yang pulang. “Pendataan untuk pendatang selesai setelah arus balik H+7,” kata Dhany.

Sebelumnya diprediksi, ada 160 ribu kendaraan yang masuk ke Jakarta dari Jalan Tol Merak-Tangerang pada Minggu (9/6/2019). Hal itu melihat data Minggu siang, yang sudah mencapai 125.590 kendaraan.

Diprediksi, akan ada 160 ribu kendaraan yang melintas di Tol Tangerang-Merak pada puncak arus balik pada H+3 atau Minggu (9/6/2019). “Pengguna jalan tetap diimbau untuk terus tertib berkendara dan pastikan saldo uang elektronik cukup bertransaksi,” kata Kepala Divisi Hukum dan Humas PT Astra Infra Toll Road, Indah Permanasari.

Selain itu, PT Jasa Marga mencatat total 451.104 kendaraan kembali ke Jakarta dari jalan tol arah timur, arah barat, dan arah selatan selama H+1 sampai H+2 Lebaran 2019 atau pada Jumat (7/6/2019) dan Sabtu (8/6/2019).

Lihat juga...