hut

Kirab Budaya Betawi Meriahkan HUT ke-492 Jakarta di TMII

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Kemeriahan perayaan HUT ke-492 Jakarta, menghiasi Anjungan DKI Jakarta Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Sejumlah acara digelar di anjungan ini, salah satunya Kirab Budaya Betawi. Kirab Budaya Betawi dengan tampilan ratusan peserta yang mengenakan busana khas Betawi berbaris rapi. Abang-None Betawi juga turut memeriahkan acara ini.

Sepasang ondel-ondel pria dan wanita dengan busana khas Betawi berlenggok dalam alunan musik tanjidor.

Perjalanan Kirab Budaya Betawi ini dimulai dari depan Anjungan DKI Jakarta menuju Gedung Sasana Kriya, lalu belok kiri mengarah Gedung Perpustakaan dan Plaza Tugu Api Pancasila. Lalu, kembali lagi ke anjungan dengan tetap semangat.

“Menyambut HUT ke-492 Jakarta, kami meriahkan dengan Kirab Budaya Betawi untuk melestarikan budaya. Ada festival kuliner Betawi, pertunjukan kesenian Betawi dan festival kuliner Betawi,”  kata UPT Anjungan dan Graha Wisata DKI Jakarta, Fadlan Zuhran, kepada Cendana News, di sela acara, Minggu (23/6/2019).

Menurutnya, acara ini selain memeriahkan perayaan HUT Jakarta, juga untuk mempromosikan seni budaya Betawi kepada pengunjung TMII. Contoh Kirab Budaya Betawi, diperkenalkan busana adat dan musik tradisi.

Pengunjung antre untuk menikmati kerak telur pada festival kuliner Betawi di Anjungan DKI Jakarta TMII,Jakarta, Minggu (23/6/2019). -Foto: Sri Sugiarti

Ada pun festival kuliner Betawi, dalam kemeriahan ini masyarakat atau pengunjung dapat mencicipi aneka makanan khas Betawi yang disajikan dengan gratis.

Pihak anjungan telah menyiapkan 1.000 kupon gratis untuk pengunjung. Sedangkan untuk makanannya secara total tersaji 2.000 porsi. “Jadi pengunjung bisa menikmati ragam kuliner Betawi gratis di sini,” ujarnya.

Dalam acara ini, sekitar 20 stand makanan telah siap membagikan makanannya secara gratis kepada pengunjung. Namun, kata Fadlan, mereka yang ingin mencicipi kuliner Betawi terlebih dulu harus daftar secara langsung di lokasi pada pukul 10.00-12.00 WIB. Setiap pendaftar akan diberi satu kupon untuk ditukarkan dengan makanan pada 14.00-16.00 WIB.

Menu yang ditawarkan beragam, di antaranya nasi ulam, nasi uduk, nasi goreng mengkudu, gado gado, soto betawi, soto mi, soto tangkar, toge goreng, keputat babanci, bubur ase, laksa betawi, kerak telur, aneka kue, dan minuman es.

Entong Darjan, warga asal Pasar Minggu mengaku sengaja datang ke TMII untuk memeriahkan HUT Jakarta. Dan, ikut mencicipi kuliner Betawi.

“Saya tadi ngantre untuk dapat kupon gratis. Ya, ngantrenya lama, tapi senang ya bisa menyantap ketupat babanci,” kata Entong, kepada Cendana News.

Ada pun Fitriyani, pengunjung dari Cianjur mengaku datang ke TMII bersama keluarganya. Sebelumnya dia berkunjung Taman Reptile dan Museum Komodo.

Kemudian berlanjut ke anjungan Jawa Barat. Tapi dia melihat keramaian di Anjungan DKI Jakarta. “Saya tanya tukang parkir, ada apa itu ramai banget? Katanya ada acara makan gratis, tapi harus antre dapatin kupon dulu,” ujarnya.

Fitri pun ikut mengantre bersama pengunjung lainnya. “Alhamdulillah saya dan anak-anak bisa makan nasi ulam gratis,” ujarnya.

Sejumlah pengunjung yang ditemui, mengaku datang ke anjungan ini untuk meramaikan HUT Jakarta. Karena tahun-tahun sebelumnya juga selalu ramai acara khas Betawi.

Lihat juga...