hut

Kurang Sepekan, Balikpapan Siap Gelar PPDB Serentak

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BALIKPAPAN – Sepekan jelang pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang akan dilaksanakan pada 1–5 Juli 2019, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan menyatakan siap dalam kegiatan tersebut.

Mengingat upaya yaitu sosialisasi kepada masyarakat dan persiapan sekolah telah dilakukan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Muhaimin, mengungkapkan, sosialisasi pelaksanaan PPDB telah dilakukan selama dua pekan ini baik tingkat sekolah, melalui media maupun media sosial.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan, Muhaimin. –Foto: Ferry Cahyanti

Saat ini tahapan yang dilaksanakan adalah verifikasi dan validasi data untuk beberapa jalur yaitu jalur luar kota, lulusan paket kesetaraaan A dan B, serta lulusan sebelum tahun 2019.

“Sosialisasi sudah dilakukan untuk PPDB baik media cetak, iklan dan media sosial. Hari ini sudah mulai verifikasi dan validasi mulai 24-28 Juni untuk beberapa jalur yaitu luar kota atau perpindahan, lulusan paket kesetaraan A dan B, lulusan sebelum tahun 2019,” katanya saat ditemui, Senin (24/6/2019).

Menurutnya, dalam pelaksanaan PPDB nanti sistem zonasi masih digunakan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 51 Tahun 2018.

“Zonasi kita masih mempertahankan sesuai dengan Permendiksbud nomor 51 tahun 2018,” sebutnya.

Terkait dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan merevisi aturan tentang PPDB sistem zonasI, Muhaimin berpendapat selama regulasi yang lama masih digunakan, maka masih digunakan juga olehnya karena belum ada kebijakan yang baru untuk sistem zonasi.

“Selama regulasi yang lama masih digunakan jadi kita masih gunakan yang lama. Kemarin nggak ada masalah kenapa sekarang tiba-tiba mau diubah. Artinya begini tentu Kementerian sudah membuat regulasi. Sudah berdasarkan kajian, berdasarkan tahapan yang panjang. Nggak bolehlah gara-gara satu atau dua daerah protes akhirnya mau diubah sistem. Menurut saya begitu, harus konsisten,” tandasnya.

Dia pun menegaskan pelaksanaan PPDB sistem zonasi untuk kota Balikpapan siap dilaksanakan sesuai dengan kebijakannya.

“Insyaallah siap, mudah-mudahan tidak ada regulasi yang berubah lagi. Kalau ada yang berubah lagi tentu kita harus menyesuaikan. Yang kedua, menimbulkan kegelisahan masyarakat,” imbuh Muhaimin.

Lihat juga...