Landmark Painan Pikat Pengunjung di Negeri Sejuta Pesona

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PADANG – Julukan daerah Negeri Sejuta Pesona yang disandang oleh Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, bukanlah hal yang sepele. Selain terkenal dengan keindahan wisata Mandeh, ternyata banyak tempat yang dapat dikunjungi.

Baru-baru ini, ada tempat yang mampu memikat pengendara yang melintasi jantung kota Painan tersebut. Persis di jalan lintas Sumatera ada landmark  pendirian sebuah tugu yang bertuliskan I Love Painan. Tempat ini kini menjadi buruan para pengunjung untuk berswafoto.

Salah seorang pengunjung di sana, Rara mengatakan, keberadaan tugu I Love Painan yang berada di tepi jalan atau di depan masjid itu, sangat bagus dan cocok untuk nongkrong dan juga berswafoto.

Seandainya tugu itu selesai pada momen lebaran, maka akan sangat bagus untuk dijadikan wisata alternatif, bagi yang suka berfoto-foto.

“Ya saya baru pertama kali ke sini, tempatnya bagus, luas landmark-nya. Jadi selain bagus untuk berfoto-foto, keberadaan tugu I Love Painan ini, ketika melewati Painan, maka akan terasa telah sampai di ibu kota Kabupaten Pesisir Selatan,” katanya, Minggu (16/6/2019).

Bagi pengunjung, daerah Kabupaten Pesisir Selatan, terlihat tumbuh dengan baik. Karena akhir-akhir ini banyak kejutan tempat wisata yang hadir di Painan. Untuk itu, pengunjung berharap Pesisir Selatan yang merupakan daerah Negeri Sejuta Pesona, benar-benar mampu menghasilkan wisata yang memikat.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni. – Foto: M. Noli Hendra

Menanggapi hal itu, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan benar-benar berkomitmen untuk meningkatkan pembangunan di bidang pariwisata, dan membuktikan komitmen serius untuk membangun Negeri Sejuta Pesona.

Seperti halnya pengembangan dan peningkatan pembangunan di sejumlah objek wisata serta mempercantik taman kota Painan dengan membangun landmark yang bertulis I Love Painan di taman Spora Kota Painan.

Ia mengatakan kehadiran landmark I Love Painan di taman spora pusat kota Painan, akan lebih mempercantik kota Painan, dimana landmark tersebut dapat dimanfaatkan bagi pengunjung dan juga masyarakat untuk berfoto serta tempat bersantai.

“Semenjak landmark selesai dibangun, taman kota Painan tersebut semakin ramai setiap harinya oleh pengunjung dan masyarakat untuk menikmati suasana alami di taman tersebut,” kata Hendrajoni.

Menurutnya, selain membangun landmark di taman pusat kota, Pemerintah Kabupaten di tahun 2019 ini juga membangun dua tugu.

Yakni tugu rabab di puncak Bukit Putus Painan atau pintu masuk menuju Painan dari arah Padang. Serta tugu Adipura di simpang pincuran boga Painan atau pintu masuk kota Painan dari arah Sungai Penuh.

“Kedua tugu tersebut saat ini sedang tahap pelaksanaan pembangunan dan akan selesai di tahun 2019 ini,” ucap Bupati.

Tidak hanya itu, Hendrajoni berharap kepada masayarakat untuk ikut bersama-sama menjaga kebersihan di kota Painan, agar pendatang, ataupun para wisatawan yang datang ke Pessel merasa nyaman dan betah.

“Masukan dan ide ide cemerlang untuk kemajuan Pesisir Selatan juga sangat dibutuhkan, karena untuk membangun Pesisir Selatan merupakan kerja kita bersama,” sebut Hendrajoni.

Ia mengaku semasa kepemimpinannya jadi bupati tidak pernah menepis setiap masukan dan saran dari masyarakat yang bertujuan untuk membangun Pesisir Selatan. Artinya, ada sejumlah pembangunan yang dilakukan didasari atas keinginan masyarakat.

“Kita tetap menampung setiap saran dan kritikan yang masuk. Nantinya dipilah, jika benar-benar memiliki dampak yang positif, maka Pemkab Pesisir Selatan akan menindaklanjuti. Buktinya telah berdiri tugu I Love Painan,” tegasnya.

Lihat juga...