hut

Lantainisasi Yayasan Damandiri, Atasi Kemiskinan 341 KK di Trirenggo

Editor: Mahadeva

YOGYAKARTA – Yayasan Damandiri melalui program Desa Mandiri Lestari, di tahun ini menyalurkan bantuan di bidang kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Bantul.

Kegiatan yang telah diselesaukan adalah, lantainisasi di 215 rumah warga Desa Trirenggo, Bantul, Yogyakarta. Melalui Koperasi Unit Desa (KUD) Gemah Ripah, bantuan lantainisasi diberikan kepada warga miskin yang tersebar di 11 dusun. Besaran bantuan adalah Rp1,5 juta per unit rumah atau per-kepala keluarga. Bantuan diberikan dalam bentuk barang.

Ketua KUD Gemah Ripah Desa Mandiri Lestari, Trirenggo, Ambyah – Foto : Jatmika H Kusmargana

Ketua KUD Gemah Ripah, Ambyah, mengatakan, bantuan itu sangat membantu upaya pemerintah desa dalam upaya menurunkan angka kemiskinan di Desa Trirenggo. Di daerah tersebut, saat ini tercatat masih mencapai 1.773 kepala keluarga berstatus miskin.

“Di desa Trirenggo, jumlah warga miskin atau pra sejahtera dan sejahtera 1 masih ada sektar 1.773 kk. Dari jumlah itu, sebanyak 341 kk tercatat memiliki persoalan (kriteria kemiskinan) rumah yang belum layak, dimana lantai-nya masih berupa tanah,” jelasnya, Senin (24/6/2019).

Dengan bantuan dari Yayasan Damandiri, maka di Desa Trirenggo saat ini hanya tersisa 126 rumah, yang lantai rumahnya masih tidak layak. Persoalan kemiskinan tersebut, akan diatasi seluruhnya melalui program Desa Mandiri Lestari, yang dicanangkan Yayasan Damandiri.

“Setelah selesai tahap pertama ini, saat ini kita sedang mengusulkan lagi bantuan lantainisasi tahap kedua. Yakni untuk sebanyak 126 rumah. Sehingga diharapkan sebanyak 341 rumah warga yang lantainya masih berupa tanah bisa lebih baik,” jelasnya.

Proses penyaluran bantuan lantainisasi, dilakukan sejak beberapa bulan lalu. Kegiatan melibatkan kepala dusun, Ketua RT maupun Kelompok Tabur Puja. Ketiganya mengusulkan penerima, untuk selanjutnya di survei dan dinilai, apakah layak mendapatkan bantuan.

“Sasaran penerima bantuan lantainisasi ini adalah warga miskin, baik dari keluarga pra sejahtera maupun sejahtera 1. Khususnya yang memiliki rumah dengan kondisi lantai memprihatinkan,” tandasnya.

Selain dapat mengurangi angka kemiskinan di Desa Trirenggo, bantuan tersebut juga diharapkan akan meningkatkan taraf hidup warga desa. Khususnya dibidang kesehatan. “Bantuan lantainisasi dari Yayasan Damandiri ini jelas sangat sangat bermanfaat bagi warga desa. Selain rumah mereka menjadi lebih nyaman untuk ditinggali, lingkungan hidup warga juga akan menjadi lebih sehat,” pungkasnya.

Lihat juga...