Layanan IGD Bisa Diakses Langsung Peserta BPJS saat Mudik

Ilustrasi [Ant]

CIKARANG – Pemudik yang menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, bisa langsung mendapatkan layanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) apabila sakit saat mudik Lebaran 2019.

“Mereka tidak harus mendapatkan rujukan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP),” kata Kepala BPJS Kesehatan Cikarang, Heni Riswanti, Sabtu (1/6/2019).

Kebijakan itu diambil, menyusul banyaknya FKTP yang libur pada Idul Fitri. Hal itu diyakini akan menyulitkan peserta mendapatkan layanan di rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. “Jadi biasanya ke rumah sakit setelah dapat rujukan dari FKTP, tapi saat musim mudik dan lebaran besok, dapat langsung menuju IGD rumah sakit jika FKTP yang biasa dituju libur atau sedang berada di luar daerah,” katanya.

Pelayanan tersebut, berlaku sejak H-7 hingga H+7 lebaran. “Hal tersebut memang sudah seharusnya perlu diatur demi berjalannya pelayanan medis kepada masyarakat,” ujarnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cikarang, Heni Riswanti – Foto Ant

Berdasarkan catatan BPJS Kesehatan, 70 persen dari 178 FKTP di Kabupaten Bekasi tidak beroperasi pada musim mudik. Saat hari H Idul Fitri 1440 Hijriah, 90 persen FKTP dipastikan tutup. “Itu mayoritas FKTP swasta. Kalau yang pemerintah, puskesmas tetap buka,” ungkapnya.

Kebijakan ini tidak hanya berlaku untuk kondisi gawat darurat, namun peserta juga bisa menggunakan layanan medis dasar. Untuk memastikan pelayanan berjalan, pihaknya telah berkomunikasi dengan seluruh rumah sakit. “Program ini berlaku di seluruh Indonesia, secara nasional. Jadi tidak ada peserta yang ditolak karena tidak mengantongi surat rujukan,” tandasnya.

Untuk mempermudah informasi pelayanan FKTP, peserta dapat mengakses sejumlah platform informasi yang dimiliki BPJS Kesehatan. “Seperti mobile JKN, bisa diunduh di Play Store atau layanan lainnya. Jika membutuhkan layanan kesehatan, tinggal masukkan lokasi kita nanti muncul FKTP yang beroperasi di sekitar kita atau rumah sakit,” tandasnya.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga memberi kemudahan bagi penderita penyakit kronis yang memerlukan obat-obatan secara berkala. Pasien dapat mengambil obat lebih awal dari jadwal yang ditetapkan. “Jika ingin mengambil obat saat mudik, di kampung halaman-pun bisa. Tinggal membawa resep dari FKTP,” katanya.

Heni memastikan, selama musim lebaran pihaknya tetap beroperasi untuk beberapa layanan. “Petugas kami tetap siap sedia untuk beberapa pelayanan seperti pendaftaran bayi baru lahir, pencetakan kartu bayi baru lahir, perbaikan data, dan pencetakan kartu peserta yang sedang rawat inap,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...