hut

Lebaran, Aktivitas Lelang Ikan di Pekalongan Tutup 10 Hari

Ilustrasi lelang ikan-Foto: Dokumentasi CDN.

PEKALONGAN – Tempat Pelelangan Ikan di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, tutup selama 10 hari. Nelayan merayakan Lebaran 2019 di kampung halamannya masing-masing.

Kepala TPI Kota Pekalongan, Muchtar Sanusi, mengatakan, kegiatan lelang ikan di TPI, terakhir dilakukan pada Sabtu (1/6/2019). Tercatat saat itu, produksi mencapai 40 ton ikan dengan nilai Rp500 juta. “Adapun, mulai Minggu (2/6/2019) hingga 12 Juni 2019, aktivitas lelang ikan di TPI tutup. Akan dilanjutkan setelah perayaan Syawalan,” katanya, Minggu (2/6/2019).

Menurutnya, berhentinya aktivitas lelang ikan selain mepertimbangkan nelayan ingin merayakan Lebaran 2019. Juga dikhawatirkan harga ikan anjlok, karena permintaan masyarakat terhadap ikan turun. Menjelang Lebaran 2019, permintaan masyarakat di sejumlah daerah terhadap ikan turun. Banyak yang memilih mudik ke kampung halamannya masing-masing, sehingga yang belanja ikan menjadi berkurang.

“Aktivitas lelang ikan mulai Minggu (2/6/2019) tutup. Baru buka setelah Syawalan. Selama ini, hasil lelang ikan dijual oleh pedagang ke Jakarta dan Bandung,” katanya.

Bagi kapal nelayan yang sudah berlabuh di TPI, maka hasil tangkapan ikan akan disimpan ruang pendingin (storage) agar ikan tidak membusuk atau bertahan lama. “Ikan yang disimpan pada storage ini nantinya akan dilelangkan setelah perayaan Syawalan atau tujuh hari setelah Lebaran. Meski aktivitas lelang ikan ditutup hingga 10 hari namun kami tetap optimistis target PAD sebesar Rp5,6 miliar akan tercapai,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...