Lebaran, Gubernur Pastikan Puskesmas Tetap Buka 24 Jam

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, melalui Dinas Kesehatan, memastikan pelayanan kesehatan di Puskesmas kecamatan di Jakarta, tetap buka 24 jam pada muism libur Lebaran. 

“Saya menginspeksi pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Kalideres. Saya menyampaikan kepada seluruh masyarakat, bahwa semua puskesmas kecamatan buka 24 jam selama musim libur Lebaran. Hari lebaran sekali pun, menangani 24 jam, IGD dan pelayanannya pun 24 jam. Jadi, warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan bisa datang. (Puskesmas Kecamatan) ada 44 fasilitas (di Jakarta), ditambah RSUD. Jadi, pelayanan kesehatan jalan terus tanpa ada jeda,” kata Anies, di Kalideres, Jakarta Barat, Senin (3/5/2019).

Sementara, untuk layanan kesehatan Puskesmas Kelurahan juga masih buka pada 3, 4 dan 7 Juni 2019. Sedangkan tanggal 5-6 Juni ditutup, karena Idul Fitri 1440 Hijriah.

Untuk Jam operasional Puskesmas kelurahan pada libur Lebaran, dibuka mulai pukul 07.30 hingga 12.00 WIB. Di luar itu, warga bisa langsung datang ke Puskesmas kecamatan yang berada di 44 kecamatan di enam wilayah DKI Jakarta.

“Pada tanggal 3, 4 dan 7 Juni, layanan kesehatan puskesmas kelurahan dibatasi. Kalau membutuhkan layanan kesehatan, silakan datang ke puskesmas kecamatan,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DKI juga tetap dibuka selama 24 jam untuk melayani warga Jakarta.

“Alhamdulillah, saya tadi lihat para dokter dan perawat semua bertugas dengan baik. Saya ingin sampaikan terima kasih dan apresiasi atas nama Pemprov DKI, kepada semua petugas yang bekerja di saat yang lain mudik dan liburan. Justru pada saat ini mereka mengabdikan dirinya untuk kepentingan masyarakat,” terangnya.

Namun demikian, Anies berharap semua sehat, sehingga tidak perlu datang Puskesmas.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Kesehatan DKI, Widyastuti, mengatakan, untuk tenaga medis di puskesmas kecamatan, pihaknya menyiagakan satu per deapan dari total jumlah tenaga medis yang ada di puskesmas tersebut.

“Karena puskesmas ada dua aspek, yaitu upaya kesehatan perorangan dan upaya kesehatan masyarakat. Jadi, kalau di lapangan libur. Tetapi untuk layanan di dalam gedung, tetap masuk sesuai dengan jadwal,” kata Widyastuti.

Sedangkan RSUD, lanjutnya, tenaga medis rawat jalan berkurang 40 persen seiring minimnya pasien.

“Untuk yang di RSUD, karena rawat jalan itu sangat berkurang tinggal 40 persen, rawat jalan di RSUD sekitar 40 persen, tapi untuk IGD RSUD, full 100 persen,” terang Widyastuti.

Untuk memaksimalkan pelayanan pada Hari Raya Idul Fitri, Cuti Bersama, dan arus mudik di Provinsi DKI Jakarta, pelayanan kegawatdaruratan medik dapat menghubungi AGD Dinas kesehatan pada nomor 119 atau 021-21201191 yang siap melayani 24 jam.

Lihat juga...