Lebaran, Rutan Baturaja Perpanjang Waktu Kunjungan

Ilustrasi - Lapas -Dok: CDN

BATURAJA – Rumah Tahanan (Rutan) Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, memperpanjang waktu kunjungan bagi keluarga narapidana untuk membesuk warga binaan di lembaga pemasyarakatan setempat selama masa Idul Fitri 1440 Hijriyah.

“Dalam momen Idul Fitri tahun ini selama tiga hari kami menggelar kunjungan bebas, memberikan kesempatan bagi narapidana untuk bertemu keluarganya guna merayakan Lebaran,” kata Kepala Rutan Klas IIB Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Herdianto, di Baturaja, Kamis.

Dia mengemukakan, kunjungan bebas ini digelar selama tiga hari sejak hari pertama Idul Fitri dengan memperpanjang jam besuk agar narapidana dapat berkumpul bersama keluarga lebih lama dari biasanya.

“Dengan kunjungan bebas ini para narapidana dapat bertemu dengan keluarganya melalui kunjungan sejak pagi hingga petang,” katanya.

Selain memperpanjang waktu kunjungan, kata dia, pihaknya juga memberikan fasilitas tenda agar pengunjung lebih nyaman menghabiskan waktu bertemu narapidana yang sedang menjalani hukuman di rutan setempat.

“Ada tiga unit tenda yang kami sediakan selama tiga hari lebaran. Narapidana dan keluarganya dapat berkumpul membaur bersama yang lainnya guna melepas rindu setelah sekian lama menjalani hukuman,” ujarnya.

Pantauan di lapangan ribuan pengunjung memadati kawasan Rutan Baturaja sejak Rabu (5/6) hingga Kamis ini di tenda yang telah disediakan tersebut guna membesuk keluarganya yang sedang menjalani hukuman di rutan setempat.

“Alhamdulillah Lebaran kali ini saya bisa puas bertemu dengan anak saya karena lebih lama melalui kunjungan bebas yang digelar oleh pihak rutan,” kata Janah, salah seorang keluarga narapidana kasus narkoba di Rutan Baturaja, menambahkan.

Dia berharap, kunjungan bebas seperti ini digelar setiap tahun saat Hari Raya Idul Fitri oleh pihak rutan setempat agar dapat merayakan Lebaran bersama anaknya tanpa dibatasi waktu kunjungan seperti hari biasa.

“Mudah-mudahan kunjungan bebas seperti ini setiap tahun digelar agar Lebaran bisa puas bertemu dengan anak saya untuk merayakan Idul Fitri,” ujar dia seraya menambahkan bahwa anak sulungnya tersebut divonis hukuman selama 5,6 tahun atas kasus narkoba sejak dua tahun silam. (Ant)

Lihat juga...