hut

Lezatnya Bubur Sumsum, Menu Pilihan Berbuka Puasa di Bakauheni

Editor: Mahadeva

LAMPUNG – Berbagai menu kuliner berbuka puasa dibuat masyarakat selama Ramadan. Salah satu menu yang dibuat warga di Lampung Selatan adalah, bubur sumsum. Bubur sumsum, adalah makanan berbahan baku beras, menjadi pilihan yang menyegarkan dan menyehatkan. Bubur sumsum juga kerap dikenal dengan bubur beras atau bubur saring.

Tari, salah satu warga Bakauheni, Lampung Selatan (Lamsel) menjadikan bubur sumsum menu alternatif berbuka puasa. Menu bubur sumsum, memiliki berbagai variasi pembuatan. Ada yang dibuat dengan dibungkus daun pisang atau biasa disebut masyarakat setempat jejorong.

Sementara, ada yang mempertimbangkan kepraktisan, membuat bubur sumsum dengan kemasan gelas plastik. “Beberapa bahan untuk membuat bubur sumsum mudah diperoleh dari pasar tradisional, sehingga mudah dibuat untuk sajian menu berbuka puasa,” terang Tari saat ditemui Cendana News.

Bubur sumsum dengan variasi memakai daun pisang – Foto Henk Widi

Bahan bubur sumsum diantaranya beras, garam dan santan. Bahan tambahan gula merah, daun pandan, gula pasir dan air. Proses pembuatan, memasak beras hingga menjadi bubur. Beras yang sudah dibuat menjadi tepung, selanjutnya dicampur dengan garam,santan dan aduk hingga merata.

Selanjutnya, tepung yang sudah dicampur dengan garam disaring agar tercampur sempurna, kemudian direbus sembari diaduk terus menerus hingga merata. Kondisi tepung yang sudah mengental dan matang didinginkan. “Pemberian garam saat proses memasak dilakukan agar bubur terasa gurih dan lezat,” tambah Tari.

Bahan lain yang sangat penting diantaranya saus gula merah, untuk campuran. Gula merah yang biasa digunakan jenis gula aren yang memiliki aroma wangi. Gula merah dibuat kuah yang bersih agar bagus untuk penyajian. Pembuatan bubur sumsum juga biasa disajikan berlapis. Bubur akan diberi warna hijau atau merah. Saat bubur sumsum dibuat pada bagian bawah menggunakan warna dasar putih, selanjutnya untuk warna hijau bisa memakai daun pandan, dan warna merah memakai daun suji.

Lukman, salah satu warga Bakauheni menyebut, bubur sumsum sangat cocok untuk berbuka puasa. Tekstur lembut, membuat bubur sumsum cocok digunakan untuk berbuka. Kelembutan bubur sumsum cocok untuk menghindari gejala sakit pada lambung. “Cocok untuk menu buka puasa karena bubur sumsum memiliki tekstur lembut yang cocok untuk lambung selama bulan puasa,” ungkap Lukman.

Lihat juga...