hut

Libur Lebaran, Basarnas Yogya Siaga di Kawasan Pantai Selatan

IIustrasi-Foto: Dokumentasi CDN

YOGYAKARTA – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Yogyakarta menurunkan beberapa tim rescue untuk bersiaga di objek wisata pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangka Siaga SAR khusus libur Lebaran 2019.

Kepala Basarnas Yogyakarta, L Wahyu Efendi, di Yogyakarta, Minggu mengatakan, Basarnas Yogyakarta menurunkan tiga tim yang berjumlah delapan personel untuk bersiaga di objek wisata baik wilayah Kabupaten Gunung Kidul, Bantul dan Kulon Progo.

“Tujuan siaga Khusus Lebaran 2019 dan di objek wisata pantai selatan Gunung Kidul, Bantul dan Kulon Progo ini adalah untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada wisatawan yang berlibur,” katanya.

Dia mengatakan, tim rescue akan melakukan patroli di pantai Gunung Kidul dengan jalur laut menggunakan satu unit jetsky milik Basarnas Yogyakarta dan satu unit jetsky milik SAR Satuan Linmas wilayah 2 Pantai Baron yang siaga di Pantai Indrayanti.

Kemudian dua unit perahu Amphibius bersama delapan personel di kawasan Pantai Parangtritis dan perahu karet di Pantai Congot oleh personel unit Siaga Congot Kabupaten Kulon Progo.

“Tim rescue Basarnas Yogyakarta akan bersama TNI, Polri, SAR, PMI, SAR wilayah Baron, Parangtritis, Pantai Glagah dan potensi SAR lainnya. Tim juga dilengkapi satu mobil rescue termasuk perlengkapan alat ekstrikasi untuk penanganan kecelakaan jalan raya dan bangunan runtuh,” katanya.

Dia menjelaskan, tim rescue Kantor Basarnas Yogyakarta itu disebar di berbagai pantai selatan DIY yang paling banyak dikunjungi wisatawan selama liburan Lebaran, seperti Pantai Indrayanti, Pantai Parangtritis, Glagah dan Congot bersama potensi SAR lainnya.

“Di Bantul, kami tempatkan personel di Pantai Parangtritis dan Parangkusumo, di Kulon Progo kami siagakan dua unit RIB (rigid inflatable boat) ukuran 12 meter dan sembilan meter beserta beberapa personel rescuer di pos Unit Siaga Basarnas di Congot,” katanya.

“Personel juga selalu siap digerakkan kapan pun jika ada kejadian di wilayah Pantai Kulon Progo dan Gunungkidul, kami juga sudah punya Unit Siaga dengan personel dan peralatan yang ‘mobile’ ke pantai dan siaga di Pantai Indrayanti yang menjadi tujuan favorit,” katanya.

Dia mengatakan, pada libur Lebaran hingga Sabtu (8/6) petang tidak ada kejadian terkait dengan wisatawan pantai selatan. Meski demikian, SAR tetap mengharap kewaspadaan masing-masing wisatawan pantai karena sudah banyak wisatawan terkena ubur-ubur.

“Cuaca Yogyakarta sedang bagus, semua bersahabat dan indah untuk dinikmati. Meski begitu kami berharap wisatawan tetap hati-hati dan memperhatikan imbauan larangan petugas saat wisata di pantai,” katanya. (Ant)

Lihat juga...