Libur Lebaran Kampung Homestay Damandiri tak Pernah Sepi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BOYOLALI – Warga Desa Mandiri Lestari Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, mendapatkan berkah luar biasa saat hari lebaran kemarin. Bagaimana tidak, kampung Homestay Damandiri yang ada di desa mereka kebanjiran order selama masa libur lebaran.

Sebanyak 23 homestay milik warga tercatat seluruhnya penuh disewa tamu selama beberapa hari. Hal itu diungkapkan Manajer Umum Koperasi Sahabat Damandiri, Bayu Pramana, yang juga selaku pengelola Kampung Homestay Damandiri.

Bayu Pramana, manajer umum Koperasi Sahabat Damandiri. – Foto: Jatmika H Kusmargana

“Alhamdulillah selama masa libur lebaran kemarin homestay full booking. Pada lebaran hari pertama, kedua, ketiga dan keempat, semua kamar penuh karena sudah di-booking jauh-jauh hari,” ungkap Bayu kepada Cendana News, belum lama ini.

Dituturkan Bayu, sebelum masa libur lebaran pun, Kampung Homestay Damandiri juga telah ramai oleh tamu pengunjung. Bahkan saat bulan puasa, sebanyak 23 homestay sempat disewa selama hampir 1 bulan penuh oleh tamu asal luar negeri yang sedang melakukan syuting di sekitar Desa Wisata Selo.

“Saat bulan puasa kemarin kita bahkan sempat di-booking tamu dari luar negeri. Ada 45 orang turis rombongan dari Polandia dan Jerman yang menginap di homestay kami. Mereka datang ke Selo ini karena melakukan kegiatan syuting film,” ungkapnya.

Sejak diresmikan oleh Yayasan Damandiri sekitar 2 tahun silam, Kampung Homestay Damandiri yang berada di desa Samiran memang mengalami perkembangan luar biasa pesat.

Sejumlah homestay Damandiri di Desa Mandiri Lestari, Samiran, Selo, Boyolali, Jawa Tengah – Foto: Jatmika H Kusmargana

Semakin hari semakin banyak tamu yang datang untuk menginap. Hal itu tak lepas karena Kampung Homestay Damandiri sudah semakin dikenal luas wisatawan.

“Tentu, pesatnya perkembangan usaha homestay melalui program Kampung Homestay Damandiri ini sangat positif bagi warga. Khususnya dalam bidang ekonomi. Perubahannya sangat jauh sekali. Ekonomi warga desa menjadi sangat terbantu. Selain bertani, mereka kini bisa mendapatkan pemasukan tambahan dari usaha homestay ini,” katanya.

Lihat juga...