hut

Libur Lebaran, Wisata Menyusuri Sungai di Banjarmasin Ramai Pengunjung

Ilustrasi. Perahu kelotok menyusuri sungai. Dok CDN

BANJARMASIN  – Masyarakat pada hari Lebaran ke empat, banyak mengunjungi tempat wisata susur sungai yang berada di Jalan Piere Tandean, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kalimantan Selatan.

“Selama liburan Lebaran ini banyak warga yang berdatangan ke wisata susur sungai terutama pada sore hari,” kata Koordinator piket wisata susur sungai, Iki, di Banjarmasin, Sabtu.

Dikatakannya, pada libur Lebaran kali ini pengunjung terlihat meningkat dibanding pada saat bulan puasa atau di hari-hari biasa.

Pengunjung yang datang ke wisata andalan kota setempat itu ada yang berasal dari luar daerah seperti Jawa Barat, Jakarta, Surabaya, Samarinda dan Balikpapan.

Bukan itu saja, pengunjung dari luar Kota Banjarmasin juga banyak peminat rata-rata mereka berasal dari Kota Baru, Tanah Bumbu dan lainnya. Dari pantauan  di lapangan terlihat orang tua ramai mengantri untuk membeli karcis agar bisa naik ke kelotok guna menikmati pemandangan susur Sungai Martapura itu.

Rute wisata susur sungai memang banyak di antaranya ke Pulau Kembang, Lok Baintan, dan Lampung Hijau.

Namun, rute yang paling diminati oleh para pengunjung wisata itu mereka lebih memilih ke arah rute Kampung Hijau dikarenakan harganya yang terbilang murah hanya Rp10.000 per orang.

Sementara itu warga Tanah Bumbu, Prasojo, mengatakan dirinya baru satu kali berkunjung ke wisata susur sungai ini dan dirinya mengajak anak istri untuk berwisata ke Banjarmasin menikmati liburan.

“Dengan mencoba wisata susur sungai ini saya bisa melihat pemandangan dan kehidupan orang Banjar di tepi sungai, dan tentu dengan tarif yang terbilang murah,” katanya. (Ant)

Lihat juga...