hut

Manis Gurih Jenang Sungsum yang Legendaris

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Siapa yang tak mengenal kuliner khas tradisional masyarakat Jawa, bubur atau jenang sungsum? Bubur lembut beraroma pandan yang sangat gurih ini merupakan salah satu kuliner legendaris di Tanah Air.  Hampir setiap daerah di Indonesia mengenal bubur satu ini. Selain dengan mudah dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional, bubur sungsum juga kerap dijual di warung-warung makan pinggir jalan, terutama saat bulan puasa.

Teksturnya yang lembut, rasanya yang nikmat, serta seluruh komponen bahan bakunya yang dibuat dari bahan-bahan alami tanpa pewarna kimia, menjadikan bubur sungsum sangat digemari berbagai kalangan.

Biasa disajikan dengan kuah/juruh gula merah/gula Jawa, nama bubur sumsum diambil dari penampakan fisiknya yang mirip dengan sungsum tulang hewan, seperti kambing atau sapi. Yakni, berwarna putih, dengan tekstur kenyal, namun sangat lembut.

Wainem, penjual bubur sumsum di Kulon Progo –Foto: Jatmika H Kusmargana

Wainem, salah seorang penjual bubur sumsum di Kulon Progo, menyebut untuk membuat bubur sumsum tidaklah sulit. Bahkan yang diperlukan hanyalah tepung beras atau tepung maizena, santan kelapa, daun, pandan, garam, serta gula merah atau gula jawa.

“Pertama, siapkan santan lalu bagi menjadi dua bagian. Masak santan pertama dalam panci bersama beberapa helai daun pandan. Aduk terus dengan api kecil selama beberapa menit. Sementara itu, masak santan kedua dengan wadah lain, bersama tepung maizena, serta garam secukupnya. Aduk sampai merata, agar tidak menggumpal,” katanya.

Setelah itu, campur adonan tepung maizena/tepung beras, ke dalam panci berisi santan dan daun pandan yang mendidih. Aduk terus tanpa henti hingga benar-benar matang. Setelah matang, angkat lalu dinginkan.

“Untuk membuat juruh, tinggal masak gula merah ke dalam panci sambil tuangkan air secukupnya. Aduk terus hingga semua gula merah mencair. Bisa juga ditambahkan daun pandan agar aromanya harum,” ujarnya.

Setelah semua komponen selesai dibuat, tinggal sajikan bubur sumsum dalam wadah berupa piring atau mangkok. Tuangkan juruh/cairan gula merah, diatas bubur hingga merata. Bubur sungsum pun siap disantap.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!