Marquez Juara Kala Rival Bertumbangan di GP Catalunya

JAKARTA — Pebalap tuan rumah Marc Marquez (Repsol Honda) menjuarai GP Catalunya, Minggu, usai mendapati rival-rivalnya terjungkal di balapan yang penuh drama.

Marquez menyelesaikan balapan sepanjang 24 putaran di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol itu tanpa kesalahan untuk finis terdepan, unggul 2,660 detik di depan Fabio Quartararo yang meraih podium pertamanya untuk tim satelit Petronas Yamaha SRT, demikian laman resmi MotoGP.

Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati) meraih podium keduanya musim ini setelah finis di P3.

Ini merupakan kemenangan kedua Marquez di Catalunya setelah pertama meraih gelar juara pada 2014 lalu. Balapan berjalan penuh kejutan sejak awal lomba.

Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati), yang start dari P5 melakukan start yang bagus dan langsung memimpin jalannya lomba sejak Tikungan 1. Pun demikian Jorge Lorenzo (Repsol Honda) dari P10 ke P4 di belakang Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan Marc Marquez (Repsol Honda).

Ketika Marquez mendapat celah untuk menyalip Dovizioso, drama terjadi di lap kedua ketika Lorenzo kehilangan grip ban depan dan menyebabkan tabrakan beruntun di Tikungan 10 melibatkan Dovizioso, Vinales dan Valentino Rossi. Keempat pebalap itu gagal melanjutkan balapan.

Marquez, langsung melesat meninggalkan pesaing terdekatnya, Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati) dengan margin 2 detik di depan.

Menempel ketat Petrucci, Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) bersaing memperebutkan posisi kedua.

Setelah beberapa kali bertukar posisi dan melibatkan senggolan dengan sang pebalap Italia di Tikungan 4, Rins mendapat celah untuk melesat ke posisi kedua di lap ke 13.

Tugas berat bagi Rins dengan 11 lap tersisa ketika Marquez terlalu jauh di depan dengan jarak lima detik.

Petrucci kembali menyalip Rins di lap ke delapan memanfaatkan kekuatan motor Ducati di lintasan lurus Sirkuit Barcelona-Catalunya.

Peluang podium Rins sirna ketika sang pebalap asal Spanyol itu melebar dan kehilangan kendali motornya di Tikungan 1 ketika berusaha menyalip Petrucci hingga merosot ke peringkat 7 di belakang rekan satu tim, Joan Mir.

Malahan, Quartararo yang mendapatkan keuntungan dan menempati posisi kedua setelah itu, walaupun Petrucci masih menebar ancaman di P3.

“Aku terus menekan walaupun jaraknya sudah besar. Aku tahu orang ini (menunjuk Quartararo) dan pebalap Yamaha lainnya sangat cepat di akhir lomba, dan aku hanya mengatur umur ban di lap-lap terakhir,” kata Marquez dalam sesi jumpa pers pasca balapan.

“Dua puluh lima poin yang bagus untuk kejuaraan.”

Sementara itu, Quartararo, yang start dari pole position untuk kedua kalinya musim ini, menerjemahkan kekuatannya di sesi latihan dan kualifikasi untuk meraih runner-up, podium pertamanya di kelas premier.

“Balapan yang sulit karena Ducati dan Suzuki di lintasan lurus sangat cepat,” kata pebalap sensasional asal Prancis itu.

“Di sektor pertama aku berhasil menyalip Danilo dan mencoba untuk memperlebar jarak di dua sektor selanjutnya dan berusaha agar tak tersalip di lintasan lurus.”

Quartararo meraih podium pertamanya itu 12 hari setelah dia menjalani operasi lengan kanannya.

Mendapati pebalap Yamaha yang melesat di akhir balapan, Petrucci mengaku cukup puas di posisi tiga dan tidak berusaha menekan di akhir.

“Di akhir Fabio sangat lah cepat dan aku bertahan di sana, tapi dia lebih cepat di trek, dan sisa tiga lap aku menyatakan posisi tiga sudah baik,” kata Petrucci.
Akhir pekan yang buruk juga berlaku bagi Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) yang melebar saat berusaha menyalip Jack Miller (Pramac Ducati) dan terjatuh di Tikungan 4 ketika balapan menyisakan enam putaran.

Menebus kesalahannya, Rins finis keempat untuk mengamankan 13 poin untuk Suzuki.

Jack Miller (Pramac Ducati) finis kelima di depan Joan Mir. Sementara pebalap tuan rumah lainnya, Pol Espargaro mengamankan finis ketujuh untuk KTM.

Takaaki Nakagami (LCR Honda) mengemas delapan poin di P8 di depan Tito Rabat (Reale Avintia Racing) dan Johann Zarco yang melengkapi finis 10 besar untuk KTM.

Hanya 13 dari 24 pebalap yang mampu finis di Catalunya yang diwarnai oleh insiden pebalap bertumbangan di trek.

Dengan hasil itu, Marquez memperlebar jarak di puncak klasemen dengan koleksi 140 poin hingga balapan seri ketujuh musim ini.

Dovizioso masih bercokol di peringkat dua klasemen dengan 103 poin, ditempel ketat oleh Rins dengan selisi dua poin.

Petrucci, juara seri sebelumnya di Mugello, menambah koleksi poinnya di peringkat empat dengan total 98 poin, mengungguli Rossi yang berada di peringkat lima dengan 72 poin.

Hasil GP Catalunya 2019
1 Marc Marquez Honda 40 menit 31,175 detik
2 Fabio Quartararo Yamaha 2,660 (selisih dalam detik)
3 Danilo Petrucci Ducati 4,537
4 Alex Rins Suzuki 6,602
5 Jack Miller Ducati 6,870
6 Joan Mir Suzuki 7,040
7 Pol Espargaro KTM 16,144
8 Takaaki Nakagami Honda 17,969
9 Tito Rabat Ducati 22,661
10 Johann Zarco KTM 26,228
11 Andrea Iannone Aprilia 32,036
12 Miguel Oliveira KTM 44,666
13 Sylvain Guintoli Suzuki 51,363

Gagal Finis
Cal Crutchlow Honda 6 Laps
Franco Morbidelli Yamaha 8 Laps
Francesco Bagnaia Ducati 19 Laps
Hafizh Syahrin KTM 21 Laps
Valentino Rossi Yamaha 22 Laps
Andrea Dovizioso Ducati 22 Laps
Maverick Viñales Yamaha 23 Laps
Jorge Lorenzo Honda 23 Laps
Aleix Espargaro Aprilia 23 Laps
Karel Abraham Ducati
Bradley Smith Aprilia

(Ant)

Lihat juga...