Mudik Lancar, PUPR Pekanbaru Sudah Perbaiki Jalan Rusak

Ilustrasi -Dok: CDN

PEKANBARU – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, sudah memperbaiki sejumlah jalan rusak ringan dan berat sejak sepekan terakhir guna mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2019 di daerah berpenduduk 1 juta jiwa lebih itu.

“Sejumlah ruas jalan yang berlubang, rusak parah dan ringan telah diperbaiki dan juga ruas jalan kota yang menjadi akses menuju jalan lintas mudik Lebaran 2019, di antaranya satu titik Jalan Datuk Setia Maharaja yang terhubung ke Jalan Lintas Timur sudah diperbaiki,” kata Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, perbaikan jalan yang rusak, berlubang dilakukan secara bertahap dan berdasarkan survei terakhir tercatat memang banyak jalan yang berada dalam kondisi rusak ringan.

Nantinya ruas jalan ini bakal diperbaiki seiring perbaikan ruas jalan lainnya. Para petugas tampak menambal sulam ruas jalan berlubang.

“Perbaikan kini diutamakan pada titik jalan kota yang sering dilintasi masyarakat, guna mendukung kelancaran arus mudik baik yang masuk ke Kota Pekanbaru atau yang mau keluar ke Kota Pekanbaru untuk menuju kampung halaman masing-masing,” katanya.

Ia menambahkan, Kota Pekanbaru setiap Lebaran hingga usai dipadati oleh kunjungan warga yang mudik. Bahkan arus urbanisasi ke daerah itu terus tinggi, terkait besarnya daya tarik kota ini untuk mencari penghidupan bagi sebagian orang.

Kota Pekanbaru, kata Indra Pomi Nasution, memiliki tanah relatif datar dengan struktur tanah pada umumnya berjenis aluvial dengan pasir, pinggiran kota umumnya struktur tanah berjenis organosol dan humus merupakan rawa-rawa yang bersifat asam.

Letak Kota Pekanbaru berbatasan dengan sebelah utara yakni Kabupaten Siak dan Kabupaten Kampar, sebelah Selatan Kabupaten Kampar dan Kabupaten Pelalawan, sebelah timur Kabupaten Siak dan Kabupaten Pelalawan, dan sebelah barat Kabupaten Kampar.

Jarak Kota dengan daerah lainnya ke Taluk Kuantan sepanjang 118 km, Pekanbaru- Rengat 159 km, Pekanbaru Tembilahan 213,5 km, Pekanbaru ke Pangkalan Kerinci 33,5 km, Pekanbaru – Siak 74,5 km, Pekanbaru-Bangkinang 51 km, Pekanbaru- Pasir Pengaraian 132,5 km, Pekanbaru – Bengkalis 128 km, dan Pekanbaru – Bagan Batu 192,5 km, Pekanbaru – Dumai 125 km, serta Pekanbaru ke Selat Panjang 141 km.  (Ant)

Lihat juga...