Murah Meriah Kaya Gizi, Tumis Sayur Kacang Kecipir

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Kacang  Kecipir merupakan salah satu sayuran yang jarang dijual dan dikonsumsi masyarakat kabupaten Sikka. Sayur ini hanya diperoleh di pasar-pasar tradisional di kota Maumere, seperti di pasar Alok, Bertingkat dan pasar Senja Wairotang.

“Hanya segelintir orang saja yang membelinya, sehingga kami pun hanya menjualnya terbatas. Biasanya dalam sehari hanya laku terjual Rp50 ribu, sehingga kami batasi pengiriman dari petani,” ungkap Rosmiati, penjual sayur di pasar Alok, Maumere, Sabtu (22/6/2019).

Ros, sapaannya, mengungkapkan, penjual sayur kecipir pun hanya beberapa orang saja. Pihaknya pun harus menyortir terlebih dahulu kiriman sayur dari petani, sebab kebanyakan sudah tidak terlalu muda sehingga keras saat dimasak.

“Biasanya, petani yang menanam hanya beberapa pohon saja di kebun mereka untuk dijual.Tidak ada petani yang menanamnya dalam jumlah yang banyak, sebab jarang dibeli masyarakat,” ungkapnya.

Diana Berlina, penjual makanan di kota Maumere. -Foto: Ebed de Rosary

Pembeli sayur kecipir, kata Ros, kebanyakan merupakan warga dari luar kabupaten Sikka. Ada juga warga kota Maumere, tetapi yang pernah merantau di pulau Jawa dan selalu konsumsi sayur ini.

“Kalau di rumah makan hampir tidak ada yang menjual sayur ini. Paling-paling dibeli untuk dimasak dan dikonsumsi sendiri bersama keluarga. Ini yang membuat sayur kecipir meski murah, tapi jarang dibeli,” tuturnya.

Sayur kecipir dijual Rp5.000 untuk satu ikatnya yang berisi 6 buah. Biasanya pembeli membeli sebanyak Rp10 ribu dan paling tinggi Rp20 ribu saja. Makanya, Ros hanya bisa menjual Rp50 ribu hingga Rp100 ribu sehari.

Diana Berlina, salah seorang warga kota Maumere yang biasa memasak untuk warung makan menyebutkan, membuat sayur kecipir tergolong mudah. Bumbu yang dipergunakan pun hanya bawang putih, bawang merah dan lombok  saja.

“Potong kecipir dengan ukuran sesuai selera dan buang seratnya. Haluskan bawang merah, bawang putih dan lombok. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tersebut, lalu tumis hingga harum,” jelasnya.

Bila diperlukan, kata Diana, bisa ditambah irisan tomat secukupnya. Aduk hingga setengah matang sambil ditambahakan garam dan penyedap masakan secukupnya sesuai kebutuhan.

“Setelah bumbu yang ditumis hampir matang, masukkan sayur yang telah diiris tersebut. Tumis hingga sayuran menjadi layu, sambil ditambahkan sedikit air. Sesudahnya, sayur kecipir matang dan siap dihidangkan,” ucapnya.

Lihat juga...