hut

NTT Bantu Penanganan Hama Belalang di Sumba Timur

Ilustrasi -Dok: CDN

KUPANG – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur  telah mengirim bantuan untuk penanganan hama belalang yang  menyerang tanaman pertanian di Sumba Timur.

“Bantuan sudah dikirim ke Sumba Timur. Bantuan itu untuk mendukung pemerintah Kabupaten Sumba Timur dalam menangani hama belalang di wilayah itu,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT, Migdon Abolla, di Kupang, Selasa (11/6/2019).

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan dukungan pemerintah Provinsi NTT dalam membantu penanganan hama belalang yang menyerang tanaman pertanian di Pulau Sumba.

Serangan hama belalang terhadap tanaman petani di wilayah itu sudah mulai berlangsung sejak April 2019.

Berdasarkan laporan sementara, hama belalang tersebut tersebar pada sekitar 30 spot, dan telah merusak puluhan hektare tanaman pertanian milik petani di wilayah itu.

Miqdon Abolla menambahkan, pola penanganan yang dilakukan saat ini adalah pengendalian, agar hama tidak pindah ke wilayah lain, terutam pada areal pertanian.

Bupati Sumba Timur, Gedeon Mbiliyora, secara terpisah mengatakan, sedang berupaya untuk mencegah meluasnya serangan hama belalang kumbara ke wilayah lain di wilayah itu.

“Serangan ini masih terpusat di Kecamatan Pahunga Lodu. Pemerintah dan masyarakat sedang berupaya untuk mencegah, agar tidak meluas ke wilayah lain,” kata Bupati Sumba Timur, Gedeon Mbiliyora.

Menurut dia, upaya pemberantasan bersama masyarakat terus dilakukan, karena dikuatirkan hama belalang akan pindah ke wilayah lain, dan menyerang tanaman petani.

Dia juga mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat di wilayah itu, untuk bersama-sama pemerintah melakukan pemberantasan, karena pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, serangan hama belalang ini terus meluas, jika tidak segera diberantas. (Ant)

Lihat juga...