Objek Wisata Bahari di Lamsel Aman Saat Lebaran

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Sejumlah objek wisata bahari di Lampung Selatan (Lamsel) dipastikan aman saat musim liburan Idul Fitri 1440 H/2019.

Salah satu objek wisata pantai Belebuk, Desa Totoharjo, Bakauheni sejak hari ketiga lebaran mengalami kenaikan jumlah pengunjung. Meski mengalami peningkatan, tidak terjadi insiden kecelakaan laut.

Rahmat, ketua kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Ragom Helau, memastikan objek wisata kondusif. Langkah pengamanan di objek wisata menurut Rahmat dilakukan oleh anggota pokdarwis.

Anggota Pokdarwis diakuinya telah dilatih untuk menjadi penyelamat wisata tirta (Balawista). Sejumlah fasilitas rescue yang disiapkan sekaligus pengawasan, imbauan agar wisatawan tetap nyaman saat berwisata. Koordinasi dengan kepolisian, Basarnas juga dilakukan untuk keamanan selama libur lebaran.

Rahmat (kanan) ketua Pokdarwis Ragom Helau, Desa Totoharjo, Kecamatan Bakauheni – Foto: Henk Widi

Rahmat menyebut jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Belebuk meningkat dibanding hari biasa. Pada liburan Idul Fitri jumlah pemudik mencapai lebih dari 500 orang per hari.

Liburan terakhir sebelum sejumlah masyarakat kembali bekerja pada Senin (10/6) membuat kunjungan meningkat. Keamanan dan kenyamanan pantai wisata menjadi prioritas melayani pengunjung.

“Beberapa kali menghadapi liburan layani pengunjung objek wisata semakin membenahi pelayanan termasuk faktor keamanan karena jumlah wisatawan lebih banyak dibanding hari biasa,” ungkap Rahmat saat dikonfirmasi Cendana News, Minggu (9/6/2019).

Rahmat mengungkapkan pada objek wisata yang pernah terdampak tsunami tersebut, masih menjadi primadona bagi masyarakat. Puncak kunjungan wisatawan pada akhir libur lebaran diakuinya terjadi pada Minggu (10/6) ikut memberi dampak positif bagi masyarakat.

Bagi sejumlah pemilik usaha kuliner omzet penjualan meningkat dibandingkan hari biasa. Pokdarwis sebagai pengelola juga memperoleh pendapatan dari tiket.

Selain situasi kondusif di pantai Belebuk yang ada di wilayah Bakauheni, kondisi objek wisata Kalianda juga dalam kondusif.

Qodri Nuriantama, selaku komandan tim personel Basarnas Lampung di objek wisata pantai Kalianda memastikan tidak terjadi insiden kecelakaan laut. Sebanyak 6 personel Basarnas Lampung diakuinya siaga pada objek wisata pantai Kedu Warna dan pantai Batu Rame Kalianda.

“Dipastikan kondisi sejumlah wisata yang kami pantau tidak ada kecelakaan laut selama libur lebaran,” ungkap Qodri.

Qodri juga menyebut tim Basarnas Lampung menyiagakan alat perahu karet, alat selam dan alat keselamatan lain pada objek wisata.

Koordinasi dengan pengelola objek wisata dilakukan untuk mengimbau pengunjung berhati hati di objek wisata pantai. Selain di objek wisata pantai, personel Basarnas Lampung masih disiagakan di pelabuhan Bakauheni dalam pengamanan angkutan lebaran.

Lihat juga...