Pasukan Afrika Barat Sebut 42 Teroris Telah Dinetralisir

Sebuah kendaraan militer rusak di Kota Gudumbali setelah serangan oleh para anggota ISIS di Afrika Barat (ISWA), Nigeria, 11 September 2018. -Foto: Ant.

ABUJA – Tentara pasukan Afrika Barat mengklaim telah menewaskan 42 orang terduga petempur Negara Islam Afrika (ISWAP), dalam pertempuran di kota Garno, wilayah Danau Chad, Jumat (21/6).

Satuan tugas militer bernama Multinational Joint Task Force (MNJTF) menyebut, bahwa “42 teroris telah dinetralisir” dan “pertempuran itu merupakan kekalahan terberat ISWAP dalam enam bulan terakhir”.

MNJTF yang terdiri dari prajurit dari negara-negara di perbatasan kawasan danau tersebut, menyatakan satu anggota mereka tewas dan 10 lainnya terluka.

Sementara itu, ISIS dalam keterangan melalui situs berita Amaq miliknya, menyebut, “ada 15 prajurit koalisi Afrika yang terbunuh dan beberapa lainnya terluka ketika ISWAP bertempur melawan mereka.” Mereka menyatakan, seorang pengebom meledakkan diri, namun tidak menjelaskan ada kombatan yang terbunuh.

ISWAP dibentuk pada 2016, ketika sebuah faksi kelompok ekstremis Islam, Boko Haram, menyatakan sumpah setia kepada ISIS.

Pemberontakan mereka telah berpengaruh pada negara-negara yang mengelilingi Danau Chad, yaitu Nigeria, Niger, Chad, dan Kamerun, serta pulau-pulau di tengah danau itu.

Pemberontakan ISWAP, yang mulai muncul di timur laut Nigeria, telah menewaskan lebih dari 30.000 orang dan sekitar 2 juta orang lainnya mengungsi. (Ant)

Lihat juga...