Pemkab OKU Bangun Toko Tani Cegah Lonjakan Harga

Sejumlah komoditas yang dijual di Toko Tani Indonesia yang ada di Kantor Dinas Pangan Sumatera Barat. harga yang tertera itu merupakan penjual dari Koperasi Dinas Pangan/Foto: M. Noli Hendra

BATURAJA – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan, membangun Toko Tani Indonesia Center, guna menekan lonjakan harga kebutuhan bahan pangan di wilayah setempat.

“Toko Tani Indonesia Center (TTIC) ini dibangun bersebelahan dengan gedung Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten OKU,” kata Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Kuryana Azis, di Baturaja, Minggu (30/6/2019).

Dia mengemukakan, bangunan TTIC yang sedang dibangun ini ditargetkan selesai dan mulai beroperasi pada Agustus 2019. Tujuan pembangunan TTIC ini, agar masyarakat di Kabupaten OKU dapat memperoleh komoditas pangan dengan harga terjangkau dari Gapoktan, atau lembaga usaha lainnya atau pun melalui distributor TTIC tersebut.

Menurut dia, TTIC nantinya memperpendek jalur distribusi hasil pertanian yang didatangkan langsung dari petani atau pemasok di wilayah setempat, untuk dijual kepada masyarakat di Kabupaten OKU.

“Dengan memperpendek jalur distribusi, tentunya harga pangan yang dijual lebih murah dibandingkan pasaran,” tegasnya.

Dia menjelaskan, TTIC ini nantinya menyediakan sembilan bahan pokok mulai dari beras, gandum, gula dan kebutuhan pangan lainnya yang dijual dengan harga terjangkau.

“Dengan adanya TTIC ini, diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari,” katanya. (Ant)

Lihat juga...