Pemkot Balikpapan Pastikan PPDB Tidak Kisruh

Editor: Mahadeva

BALIKPAPAN – Pemerintah Kota Balikpapan memastikan tidak akan terjadi keributan pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang akan digelar mulai 1 Juli mendatang. Utamanya, mengenai kebijakan zonasi untuk menentukan calon siswa yang diterima.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi – Foto Ferry Cahyanti

Rasa optimistis tersebut mempertimbangkan, sosialisasi tahap pelaksanaan PPDB telah dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan. Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, menegaskan, persoalan yang terjadi di daerah lain tidak akan terjadi di Balikpapan. Yang masih perlu mendapatkan perhatian adalah, kebingungan orang tua dalam pendaftaran online, atau mekanisme cara pendaftaran. “Semuanya sudah dilakukan dari sosialisasi hingga sekolah yang melakukan sosialisasi,” katanya, Kamis (27/6/2019).

Rizal tidak menampik, persoalan pada pelaksaaan PPDB di Balikpapan tetap masih mungkin terjadi. Namun, hal itu diyakini hanya sebagian, karena pengalaman pelaksanaan di tahun lalu pendaftaran bisa berjalan dengan baik. “Tentu tetap ada masalah, tapi kita upayakan masalahnya hanya dinamisasi dari situasi biasa. Tidak berkembang seperti dibeberapa daerah agak ribut,” tandasnya.

Rizal menyebut, tidak perlu saling menyalahkan. Yang dibutuhkan, bagaimana saling melengkapi, untuk menjalankan kebijakan tersebut. “Dan tidak perlu kita menyalahkan antara pusat dan daerah,” tandasnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Muhaimin, menyesalkan jika masih ada orang tua yang kebingungan mengenai pelaksanaan PPDB. “Kalau bingung, berarti tidak mau cari info, itu saja intinya. Semua (sosialisasi) sudah dilakukan, di sekolah ada, di kelurahan ada,” tandasnya.

Muhaimin menyebut, PPDB tahun ajaran ini tetap berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No.51/2018, tentang PPDB. Pelaksanaan diatur kuota untuk zonasi, jalur prestasi maupun pindahan dari luar daerah. “Untuk zonasi kuotanya 90 persen, 5 persen untuk jalur perpindahan dan 5 persen untuk jalur prestasi,” bebernya.

Salah seorang warga, Fitri, yang akan mendaftarkan anaknya di Sekolah Dasar mengatakan, PPDB akan dilaksanakan mulai Senin (1/7/2019) . Segala persiapan termasuk persyaratan pendaftaran sudah disiapkannya. “Informasi sebenarnya sudah banyak ya, untuk memastikan kami datang ke sekolah yang bersangkutan untuk melihat persyaratannya dan apakah tempat saya masuk zonasi atau tidak,” tandasnya.

Diapun optimistis, sudah masuk zona sesuai jarak sekolah dan rumah. Sehingga diyakini anaknya akan diterima, sesuai usia anak. “Kebetulan usia anak sudah cukup jadi tak khawatir,” tutupnya.

Lihat juga...